Jemaah Haji Indonesia Lakukan Senam Ngapak

Haji

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 18:05 WIB

190803175159-jemaa.jpg

MCH 2019

WAKTU masih menunjukkan pukul 06.15 waktu Arab  Saudi, saat mobil yang membawa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin  keluar dari Kantor Urusan Haji Daerah Kerja menembus jalanan pagi kota Makkah yang mulai padat. Wajar, sebagian besar jemaah haji dari seluruh dunia sudah mulai berada di Kota  Kelahiran Nabi ini.

Zona Jarwal, Makkah menjadi tujuan Menag pagi ini. Di sana berlangsung Olahraga Senam Ngapak (OSN) yang diselenggarakan bagi jemaah haji Indonesia yang bermukim di Sektor 10, Makkah.

"Dinamakan senam ngapak, karena kebetulan di Jarwal, khususnya di hotel Kiswah ini lebih banyak mereka yang berasal dari pesisir Jawa Tengah. Seperti dari Tegal, Brebes, Pekalongan, Purbalingga, Cilacap, dan sebagainya," jelas Kepala Sektor 10 Makkah Nurul Badruttamam, Sabtu (03/8/2019).

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20 menit, Menag tiba di lokasi yang berjarak sekitar empat kilo meter dari wisma KUH tempatnya menginap. Menag yang memang hobi berolahraga ini langsung menjadi pusat perhatian setibanya di lokasi.  Usai menyapa jemaah, Menag pun mengambil posisi persis di depan instrukstur senam.

Ratusan jemaah haji yang sudah berbaris pun tampak bersemangat memulai senam yang dipandu jemaah haji asal Solo yang juga dosen olahraga dari UNS yakni DR Waluyo.  Meskipun judulnya senam ngapak, tapi lagu yang mengiringi senam tak semuanya merupakan lagu ngapak.

Gerakan senam para jemaah makin bersemangat kala lagu Kun Anta yang dipopulerkan Humood Al khuder dipasang untuk mengiringi senam. Sekitar 30 menit melakukan gerakan senam yang penuh semangat namun ceria itu, Lukman dan jemaah tampak berkeringat.

"Lumayanan  kiyeh mbak.. wis gobyos," ujar salah satu jemaah yang tak mau disebut namanya seperti dilansirkan laman resmi kemenag.

Lain lagi dengan Hartanti dan  Rini, dua jemaah haji asal Solo Jawa Tengah yang juga mengikuti senam tersebut  meski di kesehariannya tidak berbahasa jawa ngapak."Alhamdulillah  bisa mengikuti juga senamnya. Ya sudah familiar juga dengan bahasanya. Rasanya jadi lebih sehat, bugar,  lebih fresh," ujar Hartanti.

Sementara  kepada media,  Menag mengatakan kegiatan tersebut penting untuk menjaga kebugaran jasmani jemaah.

“Ya kita baru saja selesai senam pagi bersama seluruh jemaah haji yang tinggal di Hotel Kiswah di Jarwal ini adalah sebagian besar adalah jamaah-jamaah Embarkasi Solo dari Jawa Tengah. Dan ini adalah cara petugas haji kita di sektor 10 untuk bagaimana agar kesehatan jemaah senantiasa tetap terjaga dan terpelihara dengan baik," ujarnya.

Menag berharap, melalui senam bersama ini, merupakan selingan aktivitas yang harapannya membawa manfaat bagi jemaah maupun petugas. Ia sendiri setelah bersenam bersama mengaku merasa lebih segar dan bugar.

“Rasanya? Alhamdulillah kita jadi lebih segar keluar seluruh keringat ini untuk mengimbangi aktivitas kita selama kita berada di Tanah Suci sehingga ini tidak hanya merupakan selingan kegiatan tapi harapannya tentu membawa manfaat bagi kebugaran jasmani kita,” kata Lukman.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA