410 Calhaj Asal Cimahi Bertolak ke Mekkah

Haji

Senin, 15 Juli 2019 | 15:42 WIB

190715154253-410-c.jpg

Laksmi Sri Sundari

SEBANYAK 410 orang Calon Jemaah Haji (Calhaj) asal Kota Cimahi resmi dilepas keberangkatannya menuju Asrama Haji Kota Bekasi, sebelum bertolak ke Makkah Al-Mukarramah di Pusdik Armed, jalan Baros, Kota Cimahi, Senin (15/7/2019).

Dalam acara pelepasan Calhaj tersebut, dihadiri langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cimahi Munawir Sulaeman, dan ratusan keluarga calhaj yang menunggu diluar gedung.

Pelepasan Calhaj tersebut ditandai dengan penyerahan bendera berlogo Kota Cimahi secara simbolis oleh Wali Kota Cimahi. Suasana haru terasa saat  para calhaj yang dilepas keluarga dan sanak  saudaranya menaiki bus yang sudah disiapkan menuju asrama haji Bekasi.

Disela pemberangkatan, seorang calhaj yang sedang menunggu diberangkatkan kondisinya sempat menurun.  Petugas haji dan tim medis pun dengan sigap membawa calhaj yang belakangan diketahui bernama Wangsi berusia sekitar 70 tahun ke mobil klinik  yang sudah disediakan di sekitar Pusdik Armed.

"Dibawa dulu ke klinik, dari sini diperiksa lagi di klinik embarkasi, pemeriksaan rerakhir. Kalau dokter disana menyatakan bisa diberangkatkan sesuai waktunya ya  diberangkatkan. Kalau tidak, bisa menyusul dengan rombongan lain," ungkap Kepala Kemenag Kota Cimahi, Munawir Sulaeman.

Terkait dengan banyaknya calhaj yang masuk resiko tinggi (Risti), Munawir mengatakan,  jika pihaknya sudah menyiapkan tim pendamping dari dokter dan perawat yang akan merawat mereka selama di Tanah Suci.

"Mudah-mudahan tidak terjadi apa yang tidak kita harapkan. Semuanya dalam kondisi sehat," ujarnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA