Jemaah Tertua Bersama Kloter 1 Tiba di Mekkah Disambut Shalawat Nabi

Haji

Senin, 15 Juli 2019 | 06:27 WIB

190715063204-jemaa.jpeg

JEMAAH calon haji tertua Sukinah (93) yang tergabung dalam Kloter Surabaya-1 tiba di Mekkah setelah menempuh perjalanan dengan bus dari Madinah selama sekitar 4 jam dan disambut dengan shalawat Nabi.

Acara penyambutan dihadiri oleh Konjen RI di Jeddah Muhammad Hery Safipudin dan Ketua Muasassah Asia Tenggara yang hadir sebelum jemaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al Oksh yang terletak di kawasan Mahbas Jin, Kota Mekkah, Minggu (14/7/2019) pukul 20.30 waktu setempat.

Sukinah yang tahun ini berusia 93 tahun mengaku sehat meski harus duduk di kursi roda agar fisiknya tetap prima setelah menempuh perjalanan panjang dari Madinah untuk kemudian melanjutkan ibadah di Mekkah.

“Doa saya nyuwun ke Alloh supaya kuat dan sehat. Anak 9 saya sudah haji semua. Saya agak telat karena ngurusi anak,” katanya.

Sukinah didampingi oleh anak ketiganya, Sunarti (67), dan menjawab pertanyaan siapapun yang bertanya kepadanya dengan baik.

Sukinah sebagai jemaah tertua di Indonesia tergabung dalam Kloter 1 Embarkasi Surabaya yang tiba dengan selamat di Kota Mekah, Minggu malam, 14 Juli 2019.

Bus yang mengantarkan jemaah dari Kota Madinah itu tiba di hotel yang berada di Sektor 6 Mahbas Jin, Mekkah.

Setibanya 10 bus itu di depan Hotel Al Oksh calon jemaah haji disambut Konjen RI Jeddah, Hery Saripuddin bersama istri, Ketua Muassasah Asia Tenggara, Kepala Daker Mekah Subhan Cholid, bersama Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Daker Mekah Sektor 6.

Suasana penyambutan kedatangan jemaah asal Magetan ini meriah diiringi lantunan Salawat Nabi mengiringi jemaah saat turun dari bus dan masuk ke dalam hotel.

Jemaah disambut dengan taburan bunga dan minuman selamat datang, air zam-zam, dan kurma kemudian dipersilakan untuk beristirahat di kamar dibantu oleh Tim Gerak Cepat petugas haji Indonesia.

Konjen RI di Jeddah, Hery Saripudin menyatakan rasa syukurnya karena sebanyak 449 jemaah Kloter SUB1 tiba dengan selamat di Kota Mekkah.

Ia mengapresiasi kerja sama yang baik antara pihak panitia dan muassasah yang saling sinergi sehingga perjalanan jemaah dari Madinah ke Mekah berjalan lancar

"Ini berkat koordinasi dari semua bidang terkait dan kita yang di Mekah. Kami pantau keberangkatan para jemaah sejak di Madinah dan kamu lihat juga kerja sama antara semua tim PPIH dengan muassasah sangat erat," kata Hery.

Ia secara khusus berpesan kepada jemaah agar tetap menjaga kondisi kesehatan karena kemaah akan berada di Mekah tak lebih dari 30 hari, untuk melaksanakan tahapan ibadah fase kedua, yakni ibadah umrah dan fase ketiga puncak haji di Arafah.

"Mudah-mudahan semuanya lancar," ujarnya.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA