180806093635-mulai.jpg

dok

Ilustrasi

Mulai Oktober 2018, Lion Air Buka Rute Penerbangan Kertajati-Jeddah

Haji

Senin, 6 Agustus 2018 | 09:36 WIB

Wartawan: Brilliant Awal

BANDARA Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, akan membuka rute penerbangan dari Kertajati menuju Jeddah, Arab Saudi. Penerbangan tersebut dipegang oleh Maskapai Lion Air, dan akan dimulai pada Oktober 2018 mendatang, setelah musim haji berakhir.

"Jadwalnya itu untuk Oktober, langsung umroh tanggal pastinya itu sudah ada, jadi Lion Air sudah akan membuka penerbangan dari Kertajati-Jeddah, itu sudah ada jadwalnya," ujar General Manajer Commercial Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Agung Sugeng kepada prfmnews.com.

Nantinya, terang Agung, penerbangan akan berlangsung sebanyak empat kali dalam seminggu. Dan, penerbangan tersebut sudah terjadwal hingga Maret 2019 mendatang.

"Tidak tiap hari memang, sekitar empat kali dalam seminggu, itu sudah sampai nanti bulan Maret 2019, untuk membawa jamaah umroh," tambahnya.

Untuk memaksimalkan rute tersebut, lanjut Agung, perlu adanya penambahan ukuran landasan sebanyak 500 meter. Sebab, landasan sepanjang 2.500 meter ini dinilai nanggung, dan ukurannya kurang panjang untuk pesawat-pesawat besar.

"Runaway kita ini nanggung, kalau pesawat kecil kebesaran, kalau pesawat besar kurang. Makannya supaya pas sampai 3000 meter minimal, kalau 3.000 meter pesawat yang memang rata-rata dipakai untuk long distance itu bisa masuk," jelas Agung.

Agung menjelaskan, saat ini proses pengerjaan landasan sudah siap dilakukan. Diharapkan, Oktober mendatang sudah selesai, dan sudah terverifikasi layak digunakan.

"Desain sudah ada, lahan sudah siap, setelah itu kitsa proses peleksanaan konstruksi, setelah kosntruksi baru diverifikasi oleh kementrian, bahwa landasan ini layak untuk didarati dan digunakan oleh pesawat," jelasnya.

"Mudah-mudahan selesai musim haji, atau Oktober ini, jadi umroh itu sudah bekerja dan sudah selesai terverifikasi dengan kementrian perhubungan udara," lanjut Agung.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR