180710162713-pemko.jpg

Rio Ryzki Batee

Pemkot Hibahkan Dana Rp 1,7 miliar untuk Berikan Kenyamanan Calon Jemaah Haji Kota Bandung

Haji

Selasa, 10 Juli 2018 | 16:27 WIB

Wartawan: Rio Ryzki Batee

DALAM memberikan kenyamanan kepada calon jemaah haji asal Kota Bandung, Pemkot memberikan dana hibah sebesar Rp 1,7 miliar pada tahun ini. Dimana pada tahun sebelumnya dana hibah yang diberikan yani Rp 1,6 miliar.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan, Tatang Muhtar mengatakan bahwa dana bantuan tersebut diharapkan dapat mendukung kelancaran transportasi, baik keberangkatan dan kepulangan jemaah haji Kota Bandung.

"Untuk kuota jemaah haji Kota Bandung tahun 2018, mengalami peningkatan 20 persen dari tahun sebelumnya," ungkapnya usai Pelepasan Calon Jemaah Haji Kota Bandung tahun 1439 H/2018 M sekaligus Pembukaan Bimbingan Manasik Haji, di Masjid Pusdai, Jln. Diponogoro, Selasa (10/7/2018).

Tatang menuturkan bahwa pada tahun 2017 lalu, kuota haji Kota Bandung sebanyak 1.731 jemaah. Sedangkan untuk tahun 2018 menjadi 2.464 jemaah yang terdiri dari 1.069 (laki-laki)  dan 1.395 (perempuan), ditambah sembilan orang dari Tim Pembina Haji Daerah (TPHD) Kota Bandung sehingga semua berjumlah 2473 jemaah.

Dikatakannya petugas kloter asal Kota Bandung yang menjadi Tim pembimbing Haji Indonesia (TPHI) ada 6 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 4 orang dan Tim Pembina Haji Daerah (TPHD) 9 orang. Selain itu, untuk ketua rombongan (Karom) sebanyak 246 orang dan ketua regu (Karu) sebanyak 60 orang.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial berharap selama melaksanakan ibadah haji, para jemaah menyiapkan fisik, mental dan spiritual yang kuat.

“Menjalankan sebuah ibadah tentu saja harus menyiapkan fisik dan mental juga spiritual. Maka dari itu saya pesan, persiapkan dengan baik tiga hal itu,” katanya.

Pria yang akrab disapa Mang Oded tersebut,  turut mendoakan kepada para calon jemaah yang akan berangkat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

“Laksanakan ibadah dengan khusyu, Insya Allah ibadahnya lancar. Mudah-mudahan, sebagai tamu Allah tahun ini dapat panggilan untuk melaksanakan amanah suci dengan tertib dan nyaman,” terangnya.

Ia juga meminta para ketua rombongan (Karom) dan ketua regu (Karu) jemaah haji untuk semakin profesional saat membimbing para jemaahnya. Sehingga menguatkan mental agar bisa melaksanakan tugasnya dengan baik selama di Tanah Suci.

"Saya berharap kepada ketua regu dan ketua rombongan untuk siapkan mental, Insya Allah di balik pekerjaan ini ada kemuliaan. Bahwa ibadah haji sangat-sangat mulia, tetapi yg menjadi Karom dan Karu tentu lebih mulia karena kita membimbing orang-orang yang mulia Insya Allah," tambahnya.

Editor: H. Dicky Aditya



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR