180712110647-kroas.jpg

fifa.com

Kroasia, 'Si Raja Bangkit' di Piala Dunia 2018

Fifa World Cup

Kamis, 12 Juli 2018 | 11:06 WIB

Wartawan: Endan Suhendra

TIMNAS Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018 dengan catatan yang fantastis, yaitu sebagai tim pertama yang mampu menang setelah tertinggal lebih dulu dalam tiga laga di fase knock-out.

Kroasia melaju ke babak final dengan perjuangan yang sangat berat. Setelah meraih hasil sempurna di babak penyisihan grup yang berisi negara-negara kuat macam Argentina, Nigeria, dan Islandia, Kroasia justru harus mengalami perjalanan lebih terjal di fase knock-out.

Baca Juga: Vida Jadi Sasaran Cemooh Sebagain Penonton Kroasia vs Inggris

Untuk bisa melangkah ke final, Kroasia melewati adangan Denmark, Rusia, dan Inggris. Ketiga duel itu selalu melalui babak perpanjangan waktu, dan dua di antaranya berujung adu penalti (Denmark dan Rusia).

Hal yang sama dari ketiga laga tersebut adalah Kroasia selalu jadi tim yang selalu tertinggal lebih dulu dari lawan-lawannya sebelum akhirnya mendapatkan gol penyama kedudukan.

Baca Juga: Harry Kane: Kekalahan Ini akan Menyakitkan Untuk Kurun Waktu Lama

Menurut catatan ESPN, Kroasia jadi tim pertama yang mampu bangkit dari ketinggalan dalam tiga laga di fase gugur secara beruntun.

Kemampuan Kroasia untuk memenangkan pertandingan setelah lebih dulu tertinggal menunjukkan kuatnya mental pemain asuhan Zlatko Dalic.

Kehebatan pemain-pemain Kroasia juga tak lepas dari tingginya jam terbang yang dimiliki oleh Luka Modric dan kawan-kawan. Dengan pemain-pemain bintang mereka sudah ada di usia matang, maka mereka bisa mengendalikan tekanan ketika mereka lebih dulu tertinggal pada tiga laga di fase knock out.

Baca Juga: Mandzukic: Kroasia Adalah Kawanan Singa

"Ini adalah sebuah laga yang sangat sulit namun kami tahu betapa pentingnya laga semifinal Piala Dunia bagi negara kecil macam Kroasia."

"Kami memulai laga dengan lambat namun kemudian menunjukkan karakter kami, seperti halnya di dua laga knock out sebelumnya ketika kami juga tertinggal lebih dulu," tutur bintang Kroasia, Ivan Perisic.

Setelah menang dari Inggris, Kroasia akan menghadapi Prancis di babak final. Laga ini sendiri merupakan ulangan semifinal Piala Dunia 1998. Saat itu Kroasia kalah 1-2 di tangan Prancis pada babak semifinal.

Sumber: CNN Indonesia

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR