180710133232-tiket.jpg

dailymail

Tiket Semifinal Meroket Hingga Rp 80 Juta, Suporter Inggris Pusing

Fifa World Cup

Selasa, 10 Juli 2018 | 13:32 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Setelah menunggu 52 tahun, skuad The Three Lions kembali berharap bisa tampil di laga puncak Piala Dunia setelah terakhir tahun 1966. Dan jelang laga semifinal kontra Kroasia setelah menyingkirkan Swedia 2-0 di babak 8 Besar, ribuan suporter Inggris berniat menyaksikan momen historis yang ditunggu: laga Harry Kane dkk. vs Luca Modric, Kamis (12 Juli 2018) WIB.

Tapi rupanya tak mudah mendapatkan tiket yang diinginkan. Dikutip dari The Guardian tak kurang dari sepuluh ribu penggila bola dari Negeri Elizabeth berburu tak hanya tiket tapi juga mencari tahu penerbangan hingga hotel dan akomodasi lainnya. Hasilnya good news dan bad news sekaligus alias bikin pusing.

For England!

Kabar baiknya, ada banyak hotel serta penginapan, termasuk tiket yang ditawarkan. Di antaranya tiket second yang tadinya dibeli suporter Jerman, Brasil, Argentina hingga Spanyol. Masalahnya sebagian besar tiket yang kini ditawarkan secara online itu naik berkali-kali lipat.

Ticombo misalnya menawarkan tiket kategori 1 yang resminya seharga £789 (14,6 juta) dengan banderol £4,256 (Rp 80 juta). Kategori 3 yang dijual FIFAS £326 (Rp 6,1 juta) kini dijual dengan banderol baru £1,000 (18,9 juta). Bagaimana dengan visa? Pengurusan visa travel dipastikan memakan waktu.

Tapi tak perlu khawatir, khusus selama berlangsungnya Piala Dunia, pemerintah Rusia memberlakukan kartu identitas khusus, World Cup Fan ID. Cukup memasukkan nomor seri tiket dalam registrasi online, mereka bisa langsung mendapatkan ID dimaksud. Tak itu saja, ternyata nomor seri tiket Piala Dunia edisi sebelumnya pun bisa digunakan.   

Gareth Southgate tak ingin angkat koper usai semifinal.

Kevin Miles, Chief Executive Football Supporters’ Federation menyebut Fan ID tak lagi menjadi isu utama. “Siapa pun bisa membeli atau menjual tiketnya kembali di www.FIFA.com/tickets,” ujar juru bicara FIFA. Sejauh ini ada lebih dari 95.000 ticket yang dijual ulang melalui FIFA.

Untuk urusan penerbangan, pencarian Google dengan kata kunci “flights to Moscow” meroket seribu persen. Dari situs Skyscanner diketahui tiket penerbangan langsung PP dari London ke Moskow dibenderol £2,690 (Rp 50 juta).

Ada juga yang murah dengan harga £304 (5,7 juta) tapi dengan durasi 23 jam dan transit di sejumlah kota. Dengan waktu yang semakin mepet, sepertinya mereka yang berniat ke Rusia harus segera melakukan keputusan. Beli tiket mahal tapi puas plus tiket mahal tapi cepat atau... nobar saja mungkin!

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR