Amerika-Meksiko-Kanada Resmi Jadi Trio Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Amerika-Meksiko-Kanada Resmi Jadi Trio Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Fifa World Cup

Rabu, 13 Juni 2018 | 21:20 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada dipastikan akan menjadi trio penyelenggara Piala Dunia 2026. Trio Amerika Utara itu mengalahkan Maroko sebagai host hajatan FIFA yang akan digelar delapan tahun mendatang tersebut.

Dikutip dari MirrorUK, Rabu (13 Juni 2016), kepastian trio penyelenggara di ajang Piala Dunia yang akan diikuti 48 negara itu merupakan hasil voting yang dilakukan di Moskow, Rusia, sehari sebelum kick-off Piala Dunia ke-21 di Rusia besok.

Trio Amerika Utara mendapat 134 suara, sedangkan Maroko hanya mengantongi 63 suara. "Ini hari yang sangat emosional bagi kami," ujar Carlos Cordeiro, presiden sepak bola AS di hadapan Kongres FIFA. Ia menambahkan tiga host menjadi simbol sepak bola yang menyatukan berbagai bangsa.

Meski secara resmi ada tiga negara penyelenggara tetapi kebanyakan laga akan digelar di Amerika Serikat. Dari 80 laga, Meksiko dan Kanada masing-masing akan menggelar 10 di antaranya. Enam puluh pertandingan lainnya dilakukan di Negeri Paman Sam.

Laga final akan digelar di MetLife Stadium, New Jersey yang selama ini menjadi kandang klub NFL New York Giants dan New York Jets. Terakhir Amerika menjadi host di edisi 1994. Kala itu Brasil merengkuh trofi yang keempat usai mengalahkan Italia. Sementara itu Maroko belum pernah menjadi penyelenggara. 

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR