Tim ke-6 yang Lolos, Berharap Kilap Bintang Belgia di Rusia

net

Tim ke-6 yang Lolos, Berharap Kilap Bintang Belgia di Rusia

Fifa World Cup

Jumat, 8 Juni 2018 | 10:30 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Memuncaki Grup H zona kualifikasi Eropa, Belgia memastikan diri sebagai tim ke-6 yang lolos ke Piala Dunia pada 3 September lalu. Di laga terakhir timnas dengan ranking 3 FIFA ini mengalahkan Yunani 2-1. Tim asuhan Roberto Martinez ini mengakhiri kualifikasi dengan meyakinkan berkat penampilan sejumlah pemain bintangnya.

Mereka yang juga menjadi andalan di klubnya masing-masing itu antara lain Eden Hazard (Chelsea), Thibaut Courtois (Chelsea), Vincent Kompany (Manchester City), Kevin De Bruyne (Manchester City) hingga Romelu Lukaku (Manchester United). Meski demikian penampilan mereka di ajang Piala Dunia tak bisa dibilang mengilap.

Kini tergabung di Grup G bersama Panama, Tunisia dan Inggris, pelatih yang ditunjuk Asosiasi Sepak Bola Belgia yang juga mantan pelatih Everton, Roberto Martinez mengemban tugas untuk membuktikan prestasi mereka tak terhenti di fase kualifikasi. Berikut fakta dan profilnya seperti dikutip dari SkySport dan sumber lainnya:

Manajer: Roberto Martinez

Pemain bintang: Eden Hazard. Forward Chelsea yang menyumbang enam gol di fase kualifikasi ini diprediksi akan tampil dengan ban kapten.

Hasil akhir kualifikasi: Juara Grup H zona Eropa berkat kemenangan di sembilan dari sepuluh laga tanpa pernah kalah dengan catatan gol meyakinkan, 43 lesakan.

Rekor Piala Dunia: 12 kali pertisipasi minus edisi Rusia dengan capaian terbaik lolos ke babak semifinal di Piala Dunia 1986. Mereka dihentikan Argentina yang kemudian keluar sebagai juara.

Fun fact: Delapan gol terakhir timnas Belgia di Piala Dunia tercipta di menit 70 atau setelahnya. Selain arsitek saat ini, Roberto Martinez, pelatih asing pertama yang membawa Belgia lolos yaitu Doug Livingstone (1954). Dan di luar para peraih titel juara (Jerman, Italia, Spanyol, Inggris, Prancis), Belgia menjadi tim Eropa yang paling sering lolos dengan 13 keikutsertaan.

Momen terbaik Piala Dunia: Kemenangan mengejutkan 1-0 di fase grup kontra Argentina yang diperkuat Maradona pada Piala Dunia 1982. Kala itu Erwin Vandenbergh mencetak gol di hadapan  95.000 pencinta bola yang memenuhi Nou Camp, Barcelona, Spanyol di laga pembuka tersebut.

Pemain kuda hitam: Laurent Ciman. Mantan pemain Montreal Impact yang kini menjadi defender Los Angeles FC ini dua kali masuk daftar MLS All-Star.

Jersey: Kandang - merah; tandang - kuning

Jadwal pertandingan Grup G: Belgia vs Panama (18 Juni, Sochi) pukul 22.00 WIB, Belgia vs Tunisia (23 Juni, Moskwa Spartak) pukul 19.00 WIB, Inggris vs Belgia (29 Juni, Saransk) pukul 01.00 WIB

Skuad

Kiper: Koen Casteels (Wolfsburg), Thibaut Courtois (Chelsea), Simon Mignolet (Liverpool).

Bek: Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur), Dedryck Boyata (Celtic), Vincent Kompany (Manchester City), Thomas Meunier (Paris St-Germain), Thomas Vermaelen (Barcelona), Jan Vertonghen (Tottenham Hotspur).

Gelandang: Yannick Carrasco (Dalian Yifang), Kevin de Bruyne (Manchester City), Mousa Dembele (Tottenham Hotspur), Leander Dendoncker (Anderlecht), Marouane Fellaini (Manchester United), Eden Hazard (Chelsea), Thorgan Hazard (Borussia Monchengladbach), Adnan Januzaj (Real Sociedad), Dries Mertens (Napoli), Youri Tielemans (Monaco), Axel Witsel (Tianjin Quanjian).

Penyerang: Michy Batshuayi (Chelsea), Nacer Chadli (West Brom), Romelu Lukaku (Manchester United).

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR