Tim ke-2 yang Lolos, Tekad Brasil Membayar Tuntas Mimpi Buruk 2014

net

Tim ke-2 yang Lolos, Tekad Brasil Membayar Tuntas Mimpi Buruk 2014

Fifa World Cup

Selasa, 12 Juni 2018 | 10:30 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Memuncaki kualifikasi zona Amerika Selatan, Brasil memastikan diri sebagai tim kedua yang lolos ke Piala Dunia 2018 pada 28 Maret 2017. Dengan 20 kali keikutsertaan dan enam titel juara, timnas dengan ranking kedua FIFA ini sukses menjalani fase kualifikasi dengan mulus. Dari 18 laga, Selecao memenangi 12 di antaranya dan hanya satu kali kalah, sisanya seri.

Hasil ini membuat Neymar Jr. dkk terpacu untuk melupakan mimpi buruk Piala Dunia edisi 2014 kala Tim Samba menjadi tuan rumah. Kalah telak 1-7 dari Jerman di semifinal dan digebuk Belanda 0-3 di perebutan posisi tiga, tim asuhan Tite membuktikan diri di Rusia nanti mereka kembali masuk daftar tim favorit.

Di Piala Dunia ke-21 yang akan dimulai pada 14 Juni ini, Brasil tergabung di Grup E bersama Swiss, Kosta Rika, dan Serbia. Berikut fakta dan profilnya seperti dikutip dari SkySport dan sumber lainnya.

Manajer: Tite

Pemain bintang: Neymar Jr. Forward PSG ini diharapkan sudah fit usai cedera metatarsal beberapa waktu lalu. Neymar yang absen saat Selecao digilas Jerman 7-1 di semifinal Piala Dunia 2014 dipastikan tak sabar untuk “revans”.

Hasil akhir kualifikasi: Memuncaki kualifikasi grup Amerika Selatan, Brasil menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia, menyusul Rusia yang otomatis ikut serta sebagai tuan rumah. Total 18 laga dijalani dengan 12 kali menang, sekali kalah dan sisanya berujung imbang.

Rekor Piala Dunia: Selecao menjadi timnas tersukses dengan lima titel juara. Brasil juga finis sebagai runner-up di dua edisi, yaitu1950 dan 1998. Tak itu saja, Brasil nyaris tak pernah absen dengan 20 kali partisipasi minus edisi 1930. Dan sejak 1970 meski tak selalu mulus Tim Samba dipastikan selalu lolos dfase grup.

Fun fact: Brasil masih tercatat sebagai pemilik rekor tim yang menjuarai Piala Dunia dengan memenangi seluruh pertandingan sebanyak dua kali, tepatnya ketika mereka mengukir juara di Piala Dunia 1970 dan 2002.

Momen terbaik Piala Dunia: Tahun 1970, para pencinta bola tentunya masih mengingat laga final antara Brasil kontra Italia. Menang 4-1, Selecao tak hanya mengamankan gelar juara tapi juga menempatkan  Carlos Alberto dalam jajaran pesepak bola yang koleksi golnya termasuk gol-gol terindah sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia. Just Google it on YouTube.

Pemain kuda hitam: Pedro Geromel. Menempati center back bersama Gremio, meski terbilang minim caps (batu dua) tapi penampilan impresifnya di ajang Copa Libertadores membuatnya layak masuk timnas.

Jersey: Kandang – kuning, tandang - royal blue

Jadwal pertandingan Grup E:  Brasil vs Swiss (18 Juni, Rostov-on-Don) pukul 01.00 WIB, Brasil vs Kosta Rika (22 Juni, St. Petersburg) pukul 19.00 WIB, Serbia vs Brasil (28 Juni, Moskwa Spartak) - 01.00 WIB

Skuad

Kiper: Alisson (AS Roma), Ederson (Manchester City), Neto (Valencia)

Bek: Dani Alves (Paris Saint-Germain), Fagner (Corinthians), Filipe Luis (Atletico Madrid), Marquinhos (Paris Saint-Germain), Marcelo (Real Madrid), Miranda (Inter Milan), Pedro Geromel (Gremio), Rodrigo Caio (Sao Paulo), Thiago Silva (Paris Saint-Germain); Gelandang: Casemiro (Real Madrid), Philippe Coutinho (Barcelona), Fernandinho (Manchester City), Fred (Shakhtar Donetsk), Paulinho (Barcelona), Renato Augusto (Beijing Guoan), Talisca (Besiktas), Willian (Chelsea)

Penyerang: Douglas Costa (Juventus), Roberto Firmino (Liverpool), Gabriel Jesus (Manchester City), Willian Jose (Real Sociedad), Taison (Shakhtar Donetsk) Keterangan: *) Belum ada skuad resmi yang diumumkan

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR