180606140546-tim-pertama-yang-lolos-jadi-tuan-rumah-rusia-inginkan-lebih.jpg

net

Tim Pertama yang Lolos ke Piala Dunia, Jadi Tuan Rumah Rusia Inginkan Lebih

Fifa World Cup

Rabu, 13 Juni 2018 | 10:30 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Sebagai tuan rumah tepat pada 17 Mei tahun lalu, timnas Rusia dinyatakan otomatis lolos ke ajang Piala Dunia ke-21 yang akan dimulai pada 14 Juni 2018 mendatang. Sejauh ini sepuluh kali ikut bersaing, tak sekali pun timnas dengan ranking 66 FIFA ini berhasil mengklaim titel juara.

Mereka bahkan tidak pernah lolos fase grup.  Kini dengan status tuan rumah, tim di Beruang Merah tentu berharap dukungan publik akan menjadi amunisi guna mencatatkan hasil lebih baik.

Upaya dilakukan di bawah asuhan mantan pelatih Dynamo Moskva dan Legia Warsaw, Stanislav Chercesov dengan mengandalkan kiper kaya pengalaman, Igor Akinfeev yang sudah mengoleksi caps pertama sejak berusia 18 tahun. Berikut fakta dan profil Igor dkk. seperti dikutip dari SkySport dan sumber lainnya.

Manajer: Stanislav Cherchesov

Pemain bintang: Igor Akinfeev. Kapten timnas Rusia dengan 100 caps ini sudah mengoleksi enam titel liga bersama CSKA Moscow.

Rekor Piala Dunia: Sepuluh kali berpartisipasi di ajang Piala Dunia, pasukan Beruang Merah tak pernah lolos dari fase grup setelah tak lagi tampil dengan jersey Uni Soviet. Sedangkan capaian terbaik mereka menempati posisi empat di edisi 1966.

Fun fact: Jarak antara stadion paling barat (Kaliningrad) dan stadion paling timur  (Ekaterinburg) ternyata lebih dari 1.500 mil atau setara jarak Moskow - London. Selain itu pelatih Stanislav Cherchesov pernah bermain di Piala Dunia 1994 saat Rusia unggul 6-1 atas Kamerun. Lima dari enam gol Rusia dilesakkan Oleg Salenko.

Momen terbaik Piala Dunia: Kategori ini sepertinya milik Oleg Salenko yang lima golnya di laga Rusia kontra Kamerun tercatat sebagai gol terbanyak dalam satu laga pada Piala Dunia. Laga sendiri berakhir dengan skor 6-1.

Pemain kuda hitam: Aleksei Miranchuk. Forward andalan Lokomotiv Moscow yang baru berusia 22 tahun ini mengoleksi empat gol dari 14 kali penampilan membela timnas sejak debut di tahun 2015.

Jersey: Kandang – merah putih; tandang – putih biru.

Jadwal pertandingan Grup A: Rusia vs Arab Saudi (14 Juni, Moskwa Luzhniki) pukul 22.00 WIB, Rusia vs Mesir (20 Juni, St. Petersburg) pukul 01.00 WIB, Uruguay vs Rusia (25 Juni, Samara) pukul 21.00 WIB

Skuad

Kiper: Igor Akinfeev (CSKA Moskwa), Vladimir Gabulov (Brugge), Andrey Lunyov (Zenit Saint Petersburg), Alexander Selikhov (Spartak Moskwa)

Bek: Yuri Zhirkov (Zenit Saint Petersburg), Dmitri Kombarov (Spartak Moskwa), Igor Smolnikov (Zenit Saint Petersburg), Vladislav Ignatyev (Lokomotiv Moskwa), Konstantin Rausch (Fenerbahce), Ilya Kutepov (Spartak Moskwa), Viktor Vasin (CSKA Moskwa), Georgi Dzhikiya (Spartak Moskwa)

Gelandang: Magomed Ozdoyev (Zenit Saint Petersburg), Dmitri Tarasov (Lokomotiv Moskwa), Denis Glushakov (Spartak Moskwa), Alan Dzagoev (CSKA Moskwa), Aleksandr Samedov (Spartak Moskwa), Aleksandr Golovin (CSKA Moskwa), Aleksandr Yerokhin (West Ham United)

Penyerang: Aleksandr Kokorin (Zenit Saint Petersburg), Fedor Smolov (Krasnodar), Aleksei Miranchuk (Lokomotiv Moskwa), Artem Dzyuba (Arsenal Tula)

 

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR