Kesal Dikoreksi Astronot dari Luar Angkasa, Trump Dituding Sengaja Acungkan Jari Tengah

Dunia

Selasa, 22 Oktober 2019 | 16:25 WIB

191023082635-kesal.jpg

dailymail

Donald Trump dituding mengarahkan jari tengah pada astronot perempuan  Jessica Meir setelah dia mengoreksi ucapannya. Trump memberi selamat pada Meir  dan Christina Koch sebagai “penjelajah ruang angkasa perempuan  pertama.” 

Presiden ke-45 Amerika Serikat tersebut berbicara kepada kedua astronot tadi  saat tengah berada di International Space Station (ISS/Stasiun Luar Angkasa Internasional), akhir pekan kemarin. “Anda luar biasa, mereka astronot wanita pertama yang mengganti bagian eksterior stasiun ruang angkasa.”

Really?

Faktanya, mereka bukan perempuan pertama yang melakukan misi penjelajahan, melainkan tim perbaikan wahana antariksa pertama yang semua anggotanya perempuan. Informasi ini disampaikan Meir saat itu juga.  Penjelajah antariksa perempuan pertama kali tercatat pada misi tahun 1984 dan setelah itu masih ada 14 nama lainnya. Menyusul revisi Meir, entah kebetulan atau  bukan, Trump langsung melakukan gestur yang berikutnya viral.

Dalam klip yang kemudian diposting Shannon Watts itu  Trump terlihat mengangkat jari tengah untuk menggaruk dahi dan memperbaiki rambut. Persoalannya ia melakukannya saat Meir masih berbicara, tepatnya mengoreksi.

Jessica Meir (kiri) dan Christina Koch.

"The prove?"

“Ketika dikoreksi dengan halus oleh salah satu astronot tentang bagaimana wanita lainnya telah melakukan perjalanan ruang angkasa sebelumnya, Donald Trump menggunakan jari tengah untuk ‘memperbaiki’ rambut. How is this even real life?” Demikian caption untuk  cuitan yang terakhir   disukai lebih dari 77,00 peeps dan di-retweet lebih dari 25.000 kali tersebut.

Komentar pro dan kontra soal benar tidaknya Trump melakukan gestur tak pantas tadi pun bermunculan. Is it really? Dikutip dari DailyMail kemarin, pakar gerakan tubuh Patti Wood kepada DailyMail.com menyebut apa yang diperlihatkan Trump bukan kebetulan. “Begitu melihatnya aku langsung tahu  dia melakukannya dengan sengaja,” ujarnya.

The comments.

Menurutnya timing menjadi kunci dari pendapatnya. Tubuh Trump mengayun ke kanan dengan cepat dan dramatis saat Meir mulai mengoreksi. Berikutnya matanya memejam dan mulut terkatup sebagai pertanda  tidak senang. “Jadi kita tahu sebelum melakukannya dia kesal,” lanjut Wood . Berikutnya Trump menggunakan jari tengah dan menggosok dahi dengannya.

“Ini penting karena ia menarik perhatian dari  tindakannya. Gerakan lambat  menunjukkan  perilaku agresif yang pasif dan strategis. Trump  sangat, sangat berhati-hati melakukan gerakan tanpa merusak sisiran rambutnya yang merupakan alasan lain mengapa aku yakin dia melakukannya dengan tujuan, bukan reaksi bawah sadar cepat atau refleks,” paparnya.

Flippin bird at G-7.

Disebutkan Wood orang yang berniat menggaruk akan menggunakan lebih dari satu jari dan menekuknya untuk memaksimalkan kuku. Dan jika dipicu stres  biasanya jari dan telapak tangan akan digunakan untuk menutupi wajah. “Ini  perilaku yang lebih banyak terlihat pada anak atau remaja yang  berpura-pura melakukan sesuatu. Dia juga tersenyum senang ketika selesai melakukannya. Artinya dia menikmatinya,” katanya.

Perbincangan Trump dengan Koch dan Meir dilakukan bersama putrinya Ivanka Trump dan Wakil Presiden Mike Pence serta pejabat NASA di Gedung Putih. "Ini pertama kalinya  seorang wanita menjelajah di luar stasiun ruang angkasa. Anda luar biasa, mereka wanita pertama yang mengganti bagian eksterior stasiun ruang angkasa,” katanya.

Februari lalu Trump menunjukkan gerakan serupa.

Saat itulah Meir terdengar mengoreksi. “Kami tidak ingin menerima terlalu banyak pujian karena sebelumnya ada banyak wanita lainnya yang juga melakukan misi ini. Tapi ini  pertama kalinya  dua wanita berada di luar ISS pada saat bersamaan.” Dan saat itulah Trump mengangkat jari tengah. Dan rupanya bukan kali pertama juga Trump melakukannya dalam even formal.

Bulan Februari 2017 saat menghadiri acara Black History Month Trump mengangkat jari tengah ketika duduk bersama  Omarosa Manigault. Mantan ajudannya yang kemudian menerbitkan buku "Unhinged". Berikutnya gerakan yang sama kembali terlihat di G7 Italia. Lalu bulan September 2017 dia mengangkat jari tengahnya lagi ketika ditanya tentang pemain NFL yang melakukan demo dengan berlutut selama lagu kebangsaan.

Meir: Hello from above!

Di luar itu, Meir dan Koch meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada pukul 07:38 pagi waktu ET (12:38 malam WIB) untuk memulai wahana antariksa yang memakan waktu sekitar delapan jam. Misi mereka yaitu  memperbaiki bagian yang rusak dari jaringan tenaga surya stasiun. Soal jari tengah Trump, well.. only he knows!

 

Editor: Mia Fahrani



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA