Qatar Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Dunia

Senin, 21 Oktober 2019 | 15:22 WIB

191021152656-qatar.jpg

dw.com

Mohammed bin Abdul Rahman Al-Thani

MENTERI Luar Negeri Qatar, Mohammed bin Abdul Rahman Al-Thani membantah negaranya mendukung Ikhwanul Muslimin atau Jabhah Nusrah di Suriah. Ia menegaskan bahwa Doha hanya mendukung Mohammed Morsi di Mesir karena dipilih oleh rakyat melalui pemilu sah dan mendukung seluruh oposisi Suriah secara umum.

“Tidak ada dukungan untuk Jabhah Nusrah, juga Ikhwanul Muslimin atau organisasi-organisasi sejenis ini. Kami sudah bosan (dengan tuduhan seperti ini) dan kami jelaskan hal sebenarnya kepada publik,” kata Mohammad Al-Thani dalam sebuah wawancara di Forum Keamanan Global, seperti dilansir CNN pada Selasa (15/10/2019) lalu.

Baca Juga: Qatar Akan Hapus Sistem Kafala dan Mereformasi Ketenagakerjaan

Ia melanjutkan, Ikhwanul Muslimin adalah kisah yang diciptakan setelah meletusnya revolusi di negara-negara Arab karena beberapa negara takut bahwa situasi itu akan terjadi di negara mereka. Kami, tegas Mohammad, tidak mendukung kelompok-kelompok tersebut.

Ia memberikan contoh dukungan negaranya untuk Mesir. Doha memberikan dukungan kepada Kairo sebelum pemilihan Mohamed Morsi sebagai presiden. Dukungan itu juga mengalir kepada Dewan Militer saat itu.

Baca Juga: Jalan Mendadak Biru, Suhu Capai 46 Derajat Celsius di Qatar Trotoar pun Ber-AC

Dia menunjukkan bahwa negaranya terus mendukung Morsi sebagai presiden terpilih oleh rakyat Mesir dan karena itu Doha berkomitmen untuk mendukung Mesir sebagai negara.

Mengenai dukungan terhadap Jabhah Nusrah, Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Editor: Endan Suhendra



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA