THE Rilis Ranking Universitas Dunia 2020, UI Berada di Urutan 601-800

Dunia

Selasa, 17 September 2019 | 22:19 WIB

190917221044-the-r.jpg

THE Times Higher Education (THE) baru saja merilis daftar ranking dari universitas dunia 2020. Penetapan daftar ranking ini mencakup hampir 1.400 universitas di 92 negara.

Untuk penilaiannya sendiri, THE menggunakan 13 indikator yang mengukur kinerja univeritas, dan mencakup dalam 4 hal. Pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan dan juga mengenai pandangan internasional.

Universitas Oxford di Inggris, selama 4 tahun berturut-turut menduduki posisi pertama, sementara Cambridge turun pada peringkat ketiga.

Institut Teknologi California berhasil naik ke peringkat kedua. Universitas Stanford, Yale, Harvard dan Imperial College London, menduduki ranking 10 besar.

Universitas di Eropa, terutama yang terbaik di Italia, membuat kemajuan karena masuk dalam daftar 200 elite teratas, perwakilan universitas Jerman juga tetap kuat.

Sedangkan di Asia, Cina memimpin dengan dua universitas terbaiknya yaitu Tsinghua dan Peking, dengan menduduki peringkat 23 dan 24.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Universitas Indonesia (UI) yang menjadi pemimpin, karena berhasil menduduki peringkat 601-800.

Universitas lainnya yang berhasil masuk dalam daftar ranking ini ada Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada. Keempatnya masuk dalam peringkat 1001+.

Tahun ini beberapa negara baru ikut bergabung dia ntaranya, Brunei, Kuba, Montenegro Puerto Rico dan Vietnam.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA