Pilot Mogok, 1.700 Penerbangan British Airways Dibatalkan

Dunia

Selasa, 10 September 2019 | 08:30 WIB

190910083057-pilot.jpg

KEGIATAN operasional maskapai asal Inggris British Airways terancam terhenti. Pasalnya, banyak penerbangan dibatalkan imbas dari mogoknya para pilot.

Maskapai melaporkan, aksi mogok pilot tersebut membuat 1.700 penerbangan dibatalkan dan membuat kerugian penumpang dan maskapai.

"Ini akan menghukum pelanggan, itu akan menghukum merek kami, itu akan menghukum rekan-rekan lainnya," kata Kepala Eksekutif British Airways Alex Cruz seperti dilansir Reuters, Selasa (10/9/2019).

Aksi mogok ini bermula dari permintaan para pilot agar British Airways menaikkan gaji mereka. Tapi, pihak maskapai menolak usulan kenaikan gaji tersebut.

Kendati demikian, pihak maskapai telah menawarkan pilotnya kenaikan gaji 11,5 selama tiga tahun. Meski begitu, para pilot tak menyetujui penawaran pihak maskapai.

Para pilot yang tergabung British Airline Pilots Association (BALPA) ingin kesepakatan pembayaran untuk memasukkan pembagian keuntungan untuk pilot BA, yang rata-rata menghasilkan sekitar 90.000 pound per tahun.

"British Airways akan melalui masa-masa indah, kami ingin berbagi keuntungan itu sama seperti kami berbagi rasa sakit di masa-masa sulit," Sekretaris Jenderal BALPA Brian Strutton yang menjadi perwakilan pilot menyampaikan keluh kesahnya saat mogok hingga penerbangan British Airways banyak dibatalkan.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA