Sekolah Hingga Toilet Dipasangi CCTV, Misi Cina Jadi Negara dengan Facial Recognition Terkuat Dunia

Dunia

Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:47 WIB

190823104717-sekol.jpg

dailymail

Cina berhasrat membangun sistem pengenal wajah atau identifikasi identitas warga yang paling kuat di dunia. Jaringan canggih ini bertujuan untuk mengidentifikasi setiap satu dari 1,4 miliar warga dalam waktu tiga detik. Proyek diluncurkan oleh Kementerian Keamanan Publik pada tahun 2015.

Kini proyek ini terus dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan keamanan yang berbasis di Shanghai. Sampai tahun lalu, Cina telah memasang lebih dari 200 juta kamera keamanan di seluruh negara. Seperti apa perangkat pengamanan dimaksud? Berikut di antaranya seperti dikompilasi DailyMail, baru-baru ini:

Aparat polisi dengan kacamata cerdas yang bisa mengidentifikasi track-record seseorang di  Zhengzhou East Railway Station, Zhengzhou, Provinsi Henan.

• Kacamata hitam berteknologi tinggi: Polisi di Zhengzhou, Cina telah menggunakan kacamata hitam cerdas yang dilengkapi  teknologi pengenal wajah untuk mengenali pelaku kriminal di stasiun kereta.

• Robocop camera: Polisi lalu lintas di Shenzhen menerapkan 40 set kamera pengintai yang dijuluki Robocop untuk mengidentifikasi pengemudi yang melanggar aturan sekaligus mengatur lalu lintas.

Penyeberangan menjadi salah satu titik pengawasan.

Pelanggar langsung ditayangkan di layar LED.

• Sweeping penyeberangan: Pejalan kaki di Shenzhen akan menerima pemberitahuan instan dan denda sesaat setelah mereka terekam melanggar aturan. Gambar dan nama orang yang menyeberang jalan dengan melanggar lampu lalu lintas juga akan diproyeksikan ke layar LED besar.

• Kamera stadion: Menggunakan teknologi pengenal wajah sebagai bagian dari langkah-langkah keamanan, polisi menangkap tiga buron dalam waktu dua bulan di konser penyanyi pop Hong Kong Jacky Cheung di Cina.

Sejumlah sekolah sudah menerapkan pemasangan kamera pengawas.

• Kamera di area toilet umum: Toilet di Changsha dan Chongqing dilengkapi sistem pengenal wajah untuk mencegah pengunjung melakukan pelanggaran di antaranya menggunakan kertas toilet berlebihan.

• Di ruang kelas: Sebuah sekolah menengah di provinsi Zhejiang menggunakan sistem ruang kelas pintar yang memantau perilaku siswa melalui teknologi pengenal wajah. Kamera yang dipasang di depan setiap kelas mendokumentasikan level perhatian siswa bahkan ekspresi wajah mereka.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA