Gunakan Penerjemah Meski Bisa Berbahasa Inggris, Trump Pemimpin Pertama yang Bertemu Kaisar Naruhito

Dunia

Senin, 27 Mei 2019 | 11:08 WIB

190527110748-pemim.jpg

dailymail

Presiden Amerika Serikat Donald Trump membuat sejarah hari Senin (27/5/2019) ini dalam kunjungannya ke Jepang. Ia menjadi pemimpin dunia pertama yang bertemu kaisar dan permaisuri baru Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kekaisaran Negeri Sakura.

Dikutip dari DailyMail, pertemuan Trump bersama First Lady Melania  dengan penguasa tahta era Reiwa dimulai dengan jabat tangan dan sambutan yang tenang. Audio dilarang keras pada pertemuan ini tetapi Trump berterima kasih kepada Naruhito dan Masako atas keramahannya.

Historis.

Baru tiga minggu dinobatkan sebagai kaisar.

Melania kenakan terusan bernuansa oriental.

“Apa kabar? Terima kasih banyak,” ujarnya saat mendekati pasangan kekaisaran yang menyambut langsung. Begitu pun dengan Melania yang terlibat perbincangan singkat dengan permaisuri, "Nice to meet you.” Mereka menggunakan bahasa Inggris karena sebelumnya  Kaisar Naruhito dan Masako sempat menimba ilmu di Oxford sehingga fasih berbahasa Inggris.

Namun dalam suasana yang lebih formal keluarga kekaisaran berbicara dengan  Trump dan Melania dalam bahasa Jepang melalui penerjemah. Melania kali ini mengenakan gaun Carolina Herrera berwarna dasar putih dengan detail bunga bernuansa oriental berbanderol $ 4.290 atau Rp 61 juta dan sepatu stiletto.

Mendengarkan lagu kebangsaan dan inspeksi militer.

Berlangsung tenang.

Setelah mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara Trump kemudian berjalan di karpet merah untuk melakukan inspeksi militer. Terlihat sangat formal Trump membalas lambaian anak-anak sekolah yang mengibarkan bendera AS dan Jepang. Bersama Naruhito, ia juga menyapa barisan panjang pejabat  delegasi masing-masing sebelum kembali ke dalam istana.

Tidak ada keterangan apa pun yang disampaikan pada publik dalam kesempatan kali ini. Agenda berikutnya Trump akan mengunjungi  Istana Akasaka, wisma tamu negara Jepang untuk pertemuan, makan siang  dan konferensi pers bersama Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Trump juga menjadi tamu kehormatan jamuan kekaisaran di istana yang digelar oleh Naruhito.

Sebelumnya nonton sumo.

Agenda utama bertemu kaisar.

Kunjungan di pagi hari tersebut menjadi agenda utama perjalanan Trump yang tiba hari Sabtu. Selain bermain golf dengan perdana menteri, ia juga menyempatkan diri menikmati akhir pekan dengan menyaksikan laga sumo. Sementara penobatan Naruhito sebagai Kaisar Tahta Krisan digelar hanya tiga minggu sebelum kunjungan Trump. Ia naik tahta setelah ayahnya Akihito mundur untuk alasan kesehatan.



Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR