Dari Mbappe Hingga Beckham, Notre Dame Diamuk Api Eks Pemain dan Bintang PSG Ramaikan Timeline

Dunia

Selasa, 16 April 2019 | 10:33 WIB

190416145420-dari-.jpg

dailymail

Terbakarnya Notre Dame membuat para bintang sepak bola ikut berduka. Mereka ramai-ramai memosting ekspresi kesedihan setelah katedral berusia 850 tahun yang tengah direstorasi itu dilalap api, Selasa (16/4/2019). Dikutip dari DailyMail, disaksikan tak hanya warga Paris, Prancis, apa yang menimpa Notre Dame juga menjadi perhatian warganet sejak pertama kali kabar   muncul.

Tak hanya pemain Prancis, mereka yang merumput di Ligue 1 juga menyampaikan kesedihan. Di antaranya bintang Paris Saint Germain (PSG) Neymar. Pemain Brasil tersebut memosting gambar sketsa karakter fiksi Quasimodo dari kisah klasik The Hunchback of Notre Dame (Si Bongkok dari Notre Dame)yang tengah menangis. Ia juga menyertakan ucapan Pray for France.

From Mbappe with Prayers.

Neymar memilih berduka bersama Quasimodo.

Dan tentu saja rekan klub Neymar, Kylian Mbappe juga ikut mengunggah foto kala api melalap bagian dari bangunan Notre Dame. Mbappe memostingnya melalui akun Instagram dan menambahkan emoji menangis berdampingan dengan bendera Prancis. Mantan kapten Inggris David Beckham yang sempat memperkuat  PSG pada tahun 2013 menanggapi postingan Mbappe dengan tiga emoji doa.

Striker Arsenal asal Prancis Alexandre Lacazette juga mengunggah foto yang sama, sementara gelandang Manchester United dan bintang timnas Prancis Paul Pogba berbagi gambar katedral yang yang terbakar dalam bentuk sketsa. Pogba memilih emoji broken hearted dengan profil kartun dirinya yang tengah menangis.

Pogba with Notre Dame.

Beckham yang pernah berkiprah di Liga Prancis ikut bersimpati. (net)

Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Simpati juga datang dari mantan striker Inggris Gary Lineker melalui cuitan di Twitter. “Ini sangat menyedihkan. Kita menyaksikan sejarah yang terbakar di depan mata kita.” Hal serupa diungkapkan ikon Chelsea  Didier Drogba. “'Sad for The Cathédrale Notre Dame de Paris.” Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron menegaskan pemerintah Prancis akan membangun kembali Notre Dame dengan bantuan dari komunitas internasional.

Berbicara dihadapan para reprter pada Senin malam,  beberapa jam setelah atap bangunan ikonik itu runtuh, Macron mengatakan, kampanye penggalangan dana nasional untuk memulihkan Notre Dame akan diluncurkan. Macron juga mengapresiasi keberanian dan profesionalisme para petugas pemadam kebakaran yang  berhasil menyelamatkan fasad Notre Dame  serta dua menara yang selama ini menjadfi landmark dari kehancuran.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR