Mengejutkan, Hasil Polling Ungguli Presiden Berkuasa Ukraina Bersiap Dipimpin Pelawak

Dunia

Jumat, 12 April 2019 | 14:52 WIB

190412145220-menge.jpg

dailymail

Volodymyr Zelenskiy

Pelawak sekaligus aktor Ukraina Volodymyr Zelenskiy diprediksi bakal memenangkan  pemilihan presiden negara Eropa Timur itu dengan selisih yang sangat besar. Demikian rilis  jajak pendapat dengan hasil mengejutkan berdasarkan survei Reiting.

Dikutip dari DailyMail, Jumat (12/4/2019) Zelenskiy mendapat suara  dukungan hingga 61 persen, sementara Presiden Petro Poroshenko tertinggal jauh dengan  24 persen suara. Zelenskiy yang melesat berkat perannya sebagai Presiden Ukraina dalam acara  komedi situasi TV, memfokuskan kampanyenya pada  politisi korup yang disokong oligarki kaya.

Sedangkan dalam upaya terakhir menggalang dukungan menjelang pemilihan pada 21 April mendatang, Poroshenko  mengumumkan dimulainya pengadilan khusus untuk mengadili kasus korupsi.

Presiden Petro Poroshenko.

Pengadilan  dibentuk sebagai bagian dari program pinjaman sebesar $ 3,9 miliar Dana Moneter Internasional yang bertujuan untuk memberantas korupsi yang sudah berurat akar tanpa tekanan politik ataupun penyuapan.

Poroshenko mengatakan proses seleksi para hakim dilakukan dalamn tujuh bulan terakhir. "Hari ini kita melihat hasilnya, 38 hakim baru melanjutkan tugas mereka di pengadilan baru," ungkapnya melalui Twitter. Ia memastikan peradikan bakal berjalan fair. "..reformasi peradilan memberi mereka independensi dari cabang legislatif dan eksekutif serta dari presiden."

Keunggulan tak terduga Volodymyr Zelenskiy.

Berita soal keunggulan Zelenskiy muncul di tengah tudingan jika komika tenar itu memiliki keuntungan dalam kampanye karena hubungannya dengan seorang miliarder oligarki. Salah satu saluran TV paling populer di Ukraina 1 + 1 yang dimiliki oligark Ihor Kolomoisky memberi Zelenskiy banyak waktu tayang selama kampanye.

Tak itu saja, 1 + 1 juga menyiarkan tayangan back-to-back  sang komedian sehari sebelum  memenangi  putaran pertama pemilihan presiden kali ini. Beberapa investor, pemilih, dan lawan politik mengklaim Zelenskiy dalam kendali Kolomoisky. Namun baik Zelenskiy maupun  Kolomoisky mengatakan hubungan mereka benar-benar profesional dan hanya seputar pekerjaan.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR