Jarang-jarang, Satu-satunya Cucu Laki-laki Kaisar Muncul di Publik Warga Negeri Sakura Meleleh

Dunia

Jumat, 12 April 2019 | 15:30 WIB

190412141843-jaran.jpg

dailymail

Berbeda dengan kerajaan Inggris, anggota monarki Jepang terbilang tertutup. Jadi tak mengherankan jika kemunculan bangsawan Tahta Krisan dipastikan memicu kehebohan. Demikian juga saat Pangeran Hisahito menyapa publik. Dikutip dari DailyMail beberapa waktu lalu, pengeran berusia 12 tahun itu memulai minggu pertamanya bersekolah di Ochanomizu Junior High School Tokyo.

Satu-satunya cucu laki-laki Kaisar Akihito itu ditemani orangtuanya Pangeran Fumihito (53) dan Putri Kiko (53). Kemunculannya membuat netizen Negeri Sakura meleleh. Hisahito menempati posisi istimewa karena menjadi calon ketiga pewaris tahta setelah sang ayah dan pamannya Pangeran  Naruhito yang akan naik tahta pada 1 Mei mendatang.

Pangeran Fumihito dan Putri Kiko menemani Pangeran Hisahito yang mulai bersekolah.

Satu-satunya cucu laki-laki kaisar Jepang.

Hisahito lulus pendidikan dasar pada 19 Maret di sekolah yang berafiliasi dengan SMP Ochanomizu. Berbeda dengan di Eropa di mana tahun ajaran dimulai pada bulan September, awal tahun sekolah di Jepang berlangsung mulai  bulan April dengan tiga semester. Yaitu April hingga Juli, diikuti  liburan musim panas; awal September hingga akhir Desember, dan Januari hingga Maret. 

Para siswa di Negeri Sakura menghabiskan 210 hari di kelas, sementara di Eropa rata-rata 190 hari. Sebagian besar siswa di Jepang juga hadir selama 250 hari dalam  setahun karena harus mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan school trip.

Menjadi satu-satunya cucu laki-laki Kaisar Akihito, Hisahito kemungkinan akan mewarisi tahta kekaisaran. Di Jepang hanya pewaris laki-laki dan putra sulungnya yang bisa naik tahta. Putri Toshi (18) anak perempuan Pangeran Mahkota Nahurito, tidak akan pernah naik tahta.

Jarang-jarang.

Dan bagi anggota kerajaan yang menikah dengan pasangan di luar trah bangsawan, maka mereka harus melepaskan gelar mereka. Satu-satunya putri Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko, Sayako Kuroda yang menikah dengan orang biasa pada tahun 2004 juga  melepas gelarnya sejak lahir, juga keanggotaan resmi dari keluarga kekaisaran. Pernikahan pun berlangsung setelah mendapat izin dari istana.

Masuk dalam daftar berikutnya  Putri Mako (27), cucu kaisar Jepang yang saat ini bertunangan dengan Kei Komuro, pekerja pariwisata pantai. Begitu keduanya menikah, Mako  akan kehilangan statusnya.

All crew: kika bawah, Putri Mahkota Masako, Pangeran Mahkota Naruhito, Kaisar Akihito, Ratu Michiko, Pangeran  Akishino, Putri  Kiko. Kika atas, Putri Mako, Putri Aiko, Pangeran Hisahito, dan Putri Kako.

Di luar status kebangsawanan, anggota Rumah Tangga Kekaisaran bertugas  melakukan tugas resmi dan tugas publik sebagai wakil negara. Seperti  Putra Mahkota Naruhito yang selama ini menjalani tugas baik di Jepang maupun  di luar negeri atas nama kekaisaran. Ia juga bekerja sama dengan beberapa badan amal.

Sama seperti sang kakak, ayah Hisahito, Pangeran Fumihito tercatat sebagai  presiden Institut Ornitologi Yamashina (studi burung) dan Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium Zoologi Jepang. Bersama sang istri, dia ikut membina hubungan persahabatan dengan negara-negara asing dengan mewakili Jepang di acara-acara internasional tertentu.


Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR