Government Shutdown Masuki Hari ke-27

Pemerintahan Trump Masih Juga Tutup, Ribuan Pegawai Negeri Amerika Ramai-ramai Pinjam Uang

Dunia

Jumat, 18 Januari 2019 | 10:13 WIB

190118101258-pemer.jpg

dailymail

Protes dilancarkan sejumlah karyawan federal di sejumlah tempat.

Memasuki minggu keempat atau  hari ke-27 sejak dinyatakan shutdown, pemerintahan Amerika Serikat di bawah Donald Trump masih belum berjalan efektif. Penutupan yang kini resmi tercatat sebagai yang terlama sepanjang sejarah AS ini dipicu tarik ulur kesepakatan yang diperlukan untuk pengesahan anggaran operasional pemerintahan dari Kongres.

Kongres yang dikuasai Demokrat tak berkompromi untuk pengajuan dana terkait janji kampanye Trump membangun tembok perbatasan dengan Meksiko. Akibat penutupan ada sekitar 800 ribu pegawai federal yang belum mendapat gaji.

Dikutip dari DailyMail, Jumat (18/1/2019) meski layanan federal tetap berlangsung untuk sektor krusial seperti  layanan kesehatan di fasilitas federal, angkatan bersenjata, pengawasan lalu lintas udara (ATC), dan sistem penjara, sejumlah pekerja mulai jengah. Kecuali personel militer dan karyawan sektor krusial,tak  sedikit karyawan federal sipil yang menjalani furlough atau cuti wajib tanpa gaji.

Meski demikian didorong kebutuhan kini para karyawan federal cuti mulai mengajukan  tunjangan pengangguran dalam dua minggu pertama penutupan. Tunjangan ini lebih berupa pinjaman karena harus dikembalikan saat gaji turun. Departemen Tenaga Kerja menyebut hingga 5 Januari ada lebih dari 10 ribu pengajuan. Jumlah ini dua kali lipat dari pengajuan minggu sebelumnya yang tak pernah melampuai angka 1.000.

Disebutkan pengajuan berlaku bagi karyawan federal yang tidak bekerja selama penutupan dan memenuhi syarat klaim. Namun dana pengangguran ini harus dibayarkan kembali saat gaji dari pemerintah diterima begitu penutupan berakhir.



Sementara itu pemerintah menyebut secara keseluruhan tunjangan pengangguran pekan lalu turun 3.000 menjadi 213.000. Angka itu tidak termasuk penerima manfaat federal dalam kategori terpisah. Aplikasi dari  pekerja federal dilaporkan dengan penundaan satu minggu. Ada lebih banyak pekerja federal  cuti yang dapat mengajukan tunjangan pengangguran di minggu-minggu mendatang. Departemen Tenaga Kerja akan merilis data terakhir per 12 Januari atau minggu ketiga penutupan, minggu depan.

Penutupan yang dimulai pada 22 Desember menyebabkan sekitar 420.000 pegawai federal bekerja tanpa upah dan 380.000 lainnya tidak bekerja dengan  tidak dibayar. Angka-angka itu  sedikit berubah dalam beberapa hari terakhir karena IRS dan beberapa departemen kembali memanggil karyawan untuk  bekerja.

Donald Trump.

Aplikasi naik minggu lalu di negara-negara bagian dengan sejumlah besar kontraktor federal dan banyak di antaranya yang juga bekerja tanpa bayaran.
Di Washington D.C., klaim pengangguran naik menjadi 2.158 dari 1.190, sementara di Virginia  melonjak menjadi 5.966 dari 3.497 dan di Maryland menjadi 4.949 dari 4.467. Data keseluruhan menunjukkan pasar kerja tetap sehat dengan beberapa PHK.

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR