Setelah Donald Trump, Giliran Shinzo Abe Agendakan Pertemuan dengan Kim Jong Un

@abeshinzo

Setelah Donald Trump, Giliran Shinzo Abe Agendakan Pertemuan dengan Kim Jong Un

Dunia

Kamis, 14 Juni 2018 | 21:07 WIB

Wartawan: Endan Suhendra

JEPANG sedang mengatur pertemuan Perdana Menteri Shinzo Abe dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, termasuk kemungkinan kunjungan ke Pyongyang sekitar Agustus, kata surat kabar "Yomiuri", Kamis.

Dengan mengutip beberapa sumber pemerintah, surat kabar itu mengatakan pejabat kedua negara melakukan pembicaraan beberapa kali dalam beberapa bulan belakangan untuk merundingkan kemungkinan pertemuan kedua pemimpin tersebut.

Baca Juga: Menlu AS Beberkan Hasil Pertemuan Donald Trump-Kim Jong Un kepada Korea Selatan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada pekan ini setuju menghentikan pelatihan militer bersama AS-Korea Selatan setelah bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura, yang menurut menteri pertahanan Jepang mengatakan bahwa pelatihan adalah hal "penting" bagi keamanan Asia Timur.

Korea Utara menembakkan setidak-tidaknya dua peluru kendali ke Jepang pada tahun lalu ketika berusaha mengembangkan senjata, yang mampu mencapai daratan AS dengan hulu ledak nuklir.

Baca Juga: Kremlin Komentari Pertemuan Donald Trump & Kim Jong Un

Jepang diperkirakan akan berkontribusi terhadap biaya pelucutan nuklir Korea Utara tetapi hanya setelah Badan Energi Atom Internasional memulai kembali inspeksi, kata seorang juru bicara pada hari Rabu.

Abe membuat resolusi terkait masalah warga Jepang yang diculik oleh Korea Utara sebagai janji politik, dan mengatakan Jepang akan menahan bantuan ekonomi sampai masalah-masalah itu, bersama dengan denuklirisasi, diselesaikan.

Baca Juga: Bawa Penerjemah Saat Bertemu Trump, Kim Jong Un Ternyata Pura-pura Tak Bisa Berbahasa Inggris

Jika kunjungan Abe ke Pyongyang terbukti sulit untuk dilangsungkan, Jepang mempertimbangkan skenario lain bagi Abe untuk bertemu Kim di sela-sela Forum Ekonomi Timur yang akan diselenggarakan pada bulan September di Vladivostok jika pemimpin Korea Utara itu hadir, tulis surat kabar itu.

Sumber pemerintah yang mengetahui masalah itu mengatakan kepada Reuters bahwa pejabat Jepang berencana untuk membahas pertemuan puncak dengan para pejabat Korea Utara pada konferensi internasional tentang keamanan Asia Timur Laut yang akan diadakan pada hari Kamis dan Jumat di Ulaanbaatar, Mongolia.

Baca Juga: #TrumpKimSummit Bahasa Tubuh Trump-Kim Sempat Tunjukan Kegelisahan

Orang itu juga menambahkan bahwa masih belum jelas apakah Abe akan menghadiri konferensi di Vladivostok pada September, ketika Partai Demokrat Liberal-nya, yang berkuasa, akan mengadakan pemilihan kepemimpinan.

Sumber: ANTARA

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR