Akhiri Pertemuan Historis dengan Donald Trump, Kim Jong-un Ingatkan Dunia Akan Ada Perubahan Besar

TIME

Akhiri Pertemuan Historis dengan Donald Trump, Kim Jong-un Ingatkan Dunia Akan Ada Perubahan Besar

Dunia

Selasa, 12 Juni 2018 | 14:41 WIB

Wartawan: Mia Fahrani

Mengakhiri pertemuan historis dengan Presiden AS Donald Trump di Pulau Sentosa Singapura, Selasa (12 Juni 2018) Presiden Korea Utara Kim Jong-un menyatakan akan ada perubahan besar. Dikutip dari LADibble, pernyataan itu menyusul pertemuan bilateral delegasi Korea Utara dan Amerika Serikat.

Meski tak disebutkan secara spesifik baik nama maupun isinya keduanya menandatangani dokumen di akhir pertemuan. Trump kepada reporter juga menyatakan optimismenya. Menurutnya proses denuklirisasi semenanjung Korea akan segera berlangsung.

Mendapat perhatian besar hingga kritik yang datang tak hanya dari dalam negeri, Trump yang menjadi presiden AS pertama yang bertemu pimpinan tertinggi Korea Utara datang bersama para penasihat senior.

Di antaranya penasihat keamanan nasional John Bolton, setneg Mike Pompeo dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly. Sedangkan Kim didampingi orang kepercayaannya serta menteri luar negeri. Sebelum pertemuan bilateral, Trump dan Kim menyempatkan diri dalam diskusi empat mata.

Total kedua pemimpin negara yang akan sama-sama meninggalkan Singapura hari ini juga itu bertemu selama 40 menit. Selain denuklirisasi, pencabutan sanksi ekonomi juga menjadi isu yang turut disinggung. Kepada pers Mike Pompeo memastikan Korea Utara "tidak akan mendapatkan apa pun tanpa kompensasi".

Editor: Mia Fahrani

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR