180417175008-donald-trump--shinzo-abe-cari-cara-hadapi-tantangan-nuklir-korea-utara.jpg

@KaraDuffy

Donald Trump & Shinzo Abe Cari Cara Hadapi Tantangan Nuklir Korea Utara

Dunia

Selasa, 17 April 2018 | 17:50 WIB

Wartawan: Endan Suhendra

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, mencari landasan bersama tentang cara menangani tantangan nuklir Korea Utara, Selasa (17/4/2018). Itu dilakukan di tengah kekhawatiran di Tokyo bahwa Trump mungkin cenderung membuat terlalu banyak kelonggaran.

Abe akan tiba di peristirahatan Trump Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, selama dua hari pembicaraan, yang didominasi topik Korea Utara, tetapi juga diperkirakan mencakup perdagangan, hubungan dengan China dan masalah lain.

Keduanya dapat menggunakan pertemuan puncak, yang berhasil memberikan dorongan politik kepada mereka di dalam negeri. Trump dibanjiri oleh persoalan terkait penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden pada 2016, sedangkan Abe berjuang dengan ketenarannya, yang menurun karena dugaan skandal pertemananan.

Trump menjalin hubungan dekat dengan Abe selama 15 bulan masa jabatannya dan keduanya semakin akrab berkat pertandingan golf selama kunjungan terkini Abe ke Florida lebih dari setahun lalu serta kunjungan Trump ke Tokyo pada November.

Tokyo khawatir pemimpin AS tersebut akan mencoba menghubungkan masalah keamanan penting dengan topik perdagangan yang sensitif.

Kesepakatan Trump untuk mengadakan pertemuan puncak dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un juga telah menimbulkan beberapa kekhawatiran di kalangan pejabat Jepang, meski pun sesi yang diharapkan terlaksana pada akhir Mei atau awal Juni itu belum ditentukan lokasinya.

Jepang ingin Trump untuk menghindari kesepakatan, di mana Pyongyang mau menyerahkan misil balistik yang dapat menghantam daratan AS tetapi tetap membuat rudal jarak pendek yang masih sanggup mengancam daratan Jepang.

Abe juga ingin Trump untuk memboyong warga Jepang yang diculik oleh Pyongyang sejak lama.

Pada pekan lalu Abe mengatakan kepada parlemen Jepang bahwa dia akan meminta Trump untuk mencari penghapusan semua rudal Korea Utara yang bisa mencapai Jepang. Jika hanya menyingkirkan rudal balistik antarbenua maka tidak akan memiliki arti untuk Jepang, tulis kantor berita Kyodo yang mengutip pernyataan Abe.

Sebagai tanggapan, Gedung Putih menjelaskan bahwa Trump juga mengkhawatirkan keamanan sekutu AS, selain rakyat AS sendiri.

"Tidak mengizinkan Korea Utara mengancam AS hanya berarti bahwa kami tetap berkomitmen untuk mencapai pelucutan nuklir secara total, dapat diverifikasi, dan tidak dapat diubah lagi di semenanjung Korea" kata seorang pejabat Gedung Putih.

Tokyo juga ingin menghindari pembicaraan tentang perjanjian perdagangan bebas dua arah, yang ditujukan tidak hanya pada akses pasar, tetapi juga kebijakan moneter dan mata uang.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR