Kepala Dinas Sosial Jabar Terima Penghargaan dari Presiden RI

IST

Kepala Dinas Sosial Jabar Terima Penghargaan dari Presiden RI

Dinas Sosial

Rabu, 20 Desember 2017 | 16:12 WIB

Wartawan: Asep Awaludin

KEPALA Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Arifin Harun Kertasaputra menerima penghargaan Satya Lancana Kebaktian Sosial dari Presiden RI. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur saat acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2017.

Kadinsos mengaku bangga dengan penghargaan Satya Lancana. Hal ini merupakan wujud komitmen Dinsos Jabar dalam menerapkan nilai-nilai kesetiakawanan di kalangan masyarakat. "Semoga dengan penghargaan ini kesetiakawanan di Jabar semakin meningkat," katanya.

Penghargaan yang diperoleh tersebut kata Arifin sebagai wujud peran aktif Dinsos dalam meningkatkan berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan dan penanganan penyandang masalah sosial di Jawa Barat, antara lain melalui pembinaan dan pelatihahan pilar-pilar kesejahteraan sosial dan penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu serta bencana alam secara cepat dan tanggap. Sehingga, dinilai memberikan kontribusi program pembangunan Kesejahteraan Sosial.

Satyalancana Kebaktian Sosial merupakan tanda kehormatan yang diberikan sebagai penghargaan kepada warganegara Indonesia yang telah berjasa dalam lapangan perikemanusiaan pada umumnya atau dalam suatu bidang perikemanusiaan pada khususnya.

"Kesetiakawanan sosial merupakan nilai, sikap, dan perilaku yang dilandasi dengan pengertian, kesadaran, dan tanggung jawab untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah sosial. Untuk itu, diperlukan jiwa tersebut guna mengikis permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat," ujarnya.

Arifin melanjutkan, kesetiakawanan sosial merupakan instrumen menuju kesejahteraan masyarakat, melalui gerakan peduli dan berbagi, jiwa kesetiakawanan di kalangan masyarakat akan tumbuh. Baik itu dilakukan secara individu, maupun secara bersamaan.

"Kesetiakawanan ini akan tumbuh berdasarkan nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah, dan dan berkelanjutan menuju terwujudnya Indonesia Sejahtera,"ucapnya.

Peringatan HKSN yang memiliki nilai sejarah untuk Indonesia ini juga dihadiri Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawangsa yang sehari sebelumnya telah meresmikan pembukaan pameran HKSN dan memberikan penghargaan kepada Pilar-Pilar Sosial, seperti Tagana Terbaik, KPM Terbaik dan TKSK Terbaik.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR