Disdik Jabar Beri Penghargaan Kontingen O2SN SD-SMP

Dinas Pendidikan Jabar

Jumat, 18 Oktober 2019 | 19:44 WIB

191018192508-disdi.jpg

ist

DINAS Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan penghargaan kepada siswa kontingen sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) yang berhasil mengharumkan nama Jabar di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2019. Apresiasi tersebut berupa uang kadeudeuh yang diberikan kepada para atlet dan pelatih di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jln. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Jumat (18/10/2019).

Kadisdik Jabar, Dewi Sartika menyampaikan rasa bangganya atas prestasi yang diraih para siswa kebanggaan Jabar ini. Terlebih, kontingen SMP yang sukses membawa 8 medali emas dan 3 medali perak, berhasil mengantarkan Jabar menjadi juara umum di tingkat menengah pertama.

“Tingkat SD juga tak kalah membanggakan dengan menduduki peringkat keempat. Tentunya prestasi ini tidak diraih dengan mudah, diperlukan perjuangan dan latihan yang keras sebelum kompetisi,” ujar Kadisdik.

Kadisdik mengimbau para atlet tetap semangat dan terus jadi anak yang membanggakan orang tua dan Jabar. Menurut Kadisdik, hal ini memerlukan kedispilinan, termasuk disiplin terhadap diri sendiri.

“Untuk anak-anak yang sukses mendapatkan medali, jangan cepat merasa puas. Jadikan kejuaraan ini sebagai bahan untuk melatih kedewasaan diri. Sedangkan bagi yang belum mendapatkan juara tidak perlu berkecil hati, tetap berlatih dan jangan menyerah,” imbaunya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Bidang Guru dan Tenaga Kerja (GTK), Budi Hernawan menuturkan, prestasi tersebut merupakan keberhasilan kolektif semua pihak yang telah mendukung dan mendorong potensi siswa. Termasuk para pelatih yang telah berkontribusi selama pertandingan, dimulai dari persiapan, latihan hingga mendampingi siswa sampai menjadi juara.

Sedangkan Ketua Tim O2SN SD, Unen Iskandar mengatakan, hasil yang diraih timnya sudah sesuai target, yakni perolehan medali merata. "Tiap-tiap cabang olahraga mendapatkan medali, itu amat bagus. Hanya tahun ini, di cabor pencak silat kita tidak bisa meraih dua medali emas. Tetapi, secara keseluruhan ini hasil yang bagus. Semoga, di tahun berikutnya bisa meraih juara," harapnya seperti dilansir disdik.jabarprov.go.id.

Secara keseluruhan, Jabar berhasil menduduki peringkat 3 O2SN Tingkat Nasional Tahun 2019. Pada kejuaraan yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan ini, Jabar sukses menyabet total 37 medali, terdiri dari 13 medali emas, 17 perak, dan 7 perunggu. Dengan perolehan medali tersebut, Jabar berhasil mengungguli 31 provinsi lainnya, hanya kalah dari Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA