Tim Rampak Kendang SLBN A Kota Bandung

Dinas Pendidikan Jabar

Rabu, 16 Oktober 2019 | 21:07 WIB

191016210846-tim-r.jpg

TIM Kesenian Rampak Kendang Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) A Kota Bandung tampil penuh percaya diri. Keterbatasan yang dimiliki para penyandang tunanetra ini tidak menghambat mereka bermain musik.

Berawal dari mata pelajaran perkusi kemudian dikembangkan menjadi wadah aktualisasi bakat para siswa di program keterampilan jurusan seni musik maka dibentuklah tim rampak kendang pada 2016 yang diprakarsai Kepala SLBN A Kota Bandung, Hinayat.

Untuk melengkapi kegiatan ekstrakurikuler ini, diangkatlah seorang guru musik tradisional, Edi Sundara yang juga penyandang tunanetra untuk menjadi pembimbing. Selama 3 tahun membina tim ini, Edi tidak merasa kesulitan.

“Namun, kendala tetap saja ada. Terlebih peralatan yang terbatas, termasuk tempat latihan yang sangat sempit karena bersatu dengan ruangan kelas. Juga beberapa kondisi kendang yang kurang baik,” ujar Hinayat saat diwawancarai, Rabu (16/10/2019).

Penampilan memukau siswa SLBN A Kota Bandung ini tentu tidak diraih dengan mudah. Terlebih, dengan keterbatasan penglihatan yang mereka alami. "Bukan perkara mudah bagi mereka memainkan alat musik. Namun, dengan latihan tiap hari dan motivasi yang selalu diberikan menjadi kekuatan tersendiri bagi anak-anak," ucapnya.

Latihan demi latihan pun dilakukan untuk membiasakan mereka memainkan alat musik. Mulai dari belajar memegang alat musik hingga mempelajari not angka.

Staf Humas SLBN A Kota Bandung, Ridho Ahmad Gumilar mengungkapkan, siswa penyandang tunanetra ini mampu memainkan alat musik gamelan Jawa dengan baik. Bahkan, mereka mencetak banyak prestasi. Seperti, tampil di pembukaan peringatan Hari Penglihatan Internasional 2019 dan Pekan Paralympic Nasional (Peparna) 2016 saat Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah. Tak hanya itu, tim ini juga pernah menjadi bintang tamu pada Hari Disabilitas Internasional 2018 yang langsung dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Launching Sekolah Jabar Juara.

“Selain sering tampil dalam acara instansi-instansi pemerintah, Rampak Kendang SLBN A Kota Bandung juga pernah meraih juara 1 kategori seni tradisional pada perhelatan Festival Seni ABK se-Jawa Barat 2017,” ujarnya dalam laman disdik.jabarprov.go.id.

Editor: Kiki Kurnia



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA