Mengenal Andika, Sang Desain Poster di FLS2N 2019

Dinas Pendidikan Jabar

Rabu, 18 September 2019 | 18:59 WIB

190918184116-menge.jpg

ist

LOMBA desain poster Festival dan Lomba Seni Siswa (FLS2N) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2019 telah sampai tahap akhir. Setelah mulai mendesain pada Selasa (17/9/2019) di Sekolah Terpadu Pahoa, seluruh peserta mempresentasikan hasil desainnya di depan dewan juri yang dilaksanakan di Ruang Kasbeh 2 Yasmin Hotel Karawaci, Jalan Raya Binong No. 8, Kota Tangerang, Rabu (18/9/2019).

Peserta mata lomba desain grafis asal Jawa Barat, Andika mengaku sudah mempersembahkan kemampuan terbaiknya.

Andika menjelaskan, desain poster tingkat nasional tahun ini mengambil tema pengembangan industri kreatif melalui usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah Tangerang yang menjadi tempat pelaksanaan FLS2N. Guna mempersiapkan itu semua, sejak technical meeting digelar, Andika pun berinisiatif membuat riset terlebih dahulu. "Saya mengangkat tema kerajinan bambu karena cukup terkenal di Tangerang," ungkapnya.

Andika menuturkan, desain poster miliknya itu dibuat seinformatif dan semenarik mungkin. "Saya menggambarkan proses pembuatannya oleh perajin, menampilkan produknya, dan menginformasikan potensi apa saja yang ada di Tangerang," tuturnya.

Namun, ia mengaku tak menargetkan sesuatu yang lebih. "Berharap yang terbaik aja," harapnya.

Memulai dari Komputer

Jika kebanyakan seseorang menggeluti dunia desain karena bakat yang dimiliki, namun hal tersebut tak berlaku bagi Andika. Siswa Kelahiran Bandung, 7 April 2005 ini mulai mendalami desain karena kecintaannya terhadap komputer. Di umurnya yang masih belia, Andika sudah mahir menguasai aplikasi desain Photosop dan CorelDraw. "Saya sih berangkat dari hobi main komputer. Ketika masuk kelas VII, saya mulai tertarik membuat desain setelah mengikuti ekstrakurikuler (ekskul) multimedia di sekolah," ungkapnya.

Setelah bergabung dengan ekskul multimedia, siswa kelas IX itu mengaku mendapat banyak pelajaran baru, terlebih melalui pelatihnya, Hendry Suhardiman. "Yang ngajarin emang beliau, mulai dari latihan sampai lomba sekarang. Beliau sangat membantu," tutur anak pasangan (Alm.) Kim Shim dan Jan Tju tersebut.

Selalu Terbuka dengan Ide Baru

Menurut Hendry, anak didiknya itu selalu terbuka tentang ide baru yang dimilikinya sehingga mudah diarahkan. Sikapnya itu pun terlihat pada pelaksanaan FLS2N kali ini. "Awalnya kita sudah siapkan tema kedaerahan. Tapi waktu technical meeting kemarin, temanya diganti harus menggunakan objek dari sini (Tangerang, red). Di sana, kami mulai terbuka soal ide," ucapnya.

Dengan kepiawaiannya menggunakan aplikasi dan ditunjang ide-ide yang dimiliki, Hendry berharap Andika mampu mengembangkan potensinya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. "Nanti, saat SMA pasti ia bisa ikut lomba seperti ini lagi," ujarnya.

Pemenang FLS2N jenjang SMP akan diumumkan pada Jumat (20/9/2019) di Hotel Atria, Kota Tangerang.

Editor: Dadang Setiawan



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA