Strategi dan Komunikasi Sukses Mengantarkan SMAN 8 Menjuarai "LCCI Festa 2019"

Dinas Pendidikan Jabar

Rabu, 11 September 2019 | 21:28 WIB

190911212946-strat.jpeg

Disdik Jabar

LOMBA cerdas cermat merupakan pertandingan adu ketajaman berpikir dan ketangkasan dalam menjawab pertanyaan secara cepat dan tepat. Materi yang diperlombakan biasanya meliputi ilmu pengetahuan, matematika, dan pelajaran lainnya.

Dalam Lomba Cerdas Cermat Islam (LCCI) Festa, Muhammad Hafidh Hakim Gunawijaya, Muhammad Kemal Ramadhan, dan Mochammad Ilham Ramadhan sukses membawa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 meraih juara 1.

Hafidh bercerita, sebenarnya kelompoknya telat mendapatkan informasi sehingga baru mendaftar sehari sebelum perlombaan digelar.

“Memang, saat mengikuti lomba ini kami tidak mempersiapkan apa-apa. Hanya bermodalkan hal-hal yang sudah kami pelajari. Istilahnya, sing penting yakin,” ujarnya saat diwawancarai, Rabu (11/9/2019).

Sesaat sebelum perlombaan, Hafidh mengaku baru bisa menyempatkan membaca buku. Pada babak penyisihan, tim Hafidh berhasil mengerjakan 50 soal, padahal isi soal berbeda dengan yang telah ia pelajari. Namun, Hafidh dan kawan-kawan tetap percaya diri.

“Alhasil, dari 14 tim, kami memperoleh nilai ke-3 tertinggi dan lolos ke babak selanjutnya. Di babak berikutnya, dimulailah sesi cerdas cermat. Soal yang diajukan dominan sejarah Islam yang tidak kami kuasai. Tetapi karena judulnya cerdas cermat, kami simpulkan jika tidak cerdas maka kami harus siap-siap cermat. Terbukti, kami lolos ke babak selanjutnya,” ungkapnya.

Pada babak final, Hafidh mengakui lawannya berpengetahuan luas. Namun, Hafidh dan tim tidak kehabisan akal. Mereka pun merancang strategi agar bisa mengalahkan pesaingnya.

“Ketika soal rebutan, kami menyusun strategi. Kalau sekiranya soal bisa dijawab, tinggal jawab. Kalau tidak bisa, ya enggak perlu. Akhirnya, dengan strategi dan memanfaatkan kelemahan lawan, kami berhasil meraih juara 1 setelah memperoleh poin 1.200,” ungkapnya.

Meski langka pengalaman, Hafidh dan tim bersyukur bisa menyabet juara 1 dalam lomba cerdas cermat ini. Selain harus cerdas dan cermat, diperlukan juga strategi serta komunikasi yang baik dalam mengikuti kompetisi ini.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA