BNN akan Luncurkan Rumah Edukasi

Dinas Pendidikan Jabar

Selasa, 10 September 2019 | 20:19 WIB

190910200950-bnn-a.jpg

ist

BADAN Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia akan meluncurkan platform bernama "Rumah Edukasi". Platform ini bertujuan sebagai media pencegahan penggunaan narkoba dan obat/bahan berbahaya lainnya.

Kasubdit Media Elektronik Deputi Bidang Pencegahan BNN, Tri Tjahyono mengatakan, platform tersebut merupakan inovasi kekinian dalam proses sosialisasi dan penanggulangan narkoba.

"Sosialisasi secara konvensional yang melarang remaja melakukan ini dan itu sudah ditinggalkan generasi milenial. Kita mencoba masuk pada pola aktivitas generasi milenial yang serbadigital," ucap Kasubdit, saat ditemui usai Rapat Koordinasi "Metode Pendidikan Anti-Narkoba untuk Kalangan Remaja" di Kantor BNN Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jln. Rancamekar No. 1, Kota Bandung, Selasa (10/9/2019).

Tri menjelaskan, Rumah Edukasi merupakan platform digital berbentuk website yang kontennya diisi berbagai kreativitas siswa. Mulai dari fotografi, artikel, desain grafis, vlog hingga proses kreatif lainnya. Dengan berlomba-lomba menyalurkan minat melalu Rumah Edukasi, diharapkan mampu menghindarkan pelajar dari kegiatan yang negatif.

"Ini juga salah satu model pembelajaran untuk remaja. Karya mereka nanti bisa diapresiasi melalui fitur 'like', seperti pada media sosial lain untuk memberi pengakuan dan apresiasi. Di sana, kita juga tetap sisipkan edukasi mengenai pencegahan narkoba, namun sifatnya hanya sebagai kategori tambahan, bukan yang utama," jelasnya.  

Rencananya, lanjut Tri, peluncuran perdana Rumah Edukasi akan dilakukan di Kota Bandung akhir September 2019. Ia pun telah bekerja sama dengan berbagai pihak guna kelancaran acara. Mulai dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar hingga Bandung Creative Hub yang diwadahi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar.

"Secara grand design BNN, nantinya seluruh kabupaten/kota bisa melakukan edukasi ini. Mulai dari Bandung, Malang hingga kabupaten/kota lainnya di Indonesia," tambahnya.

Pihak Disdik Jabar yang diwakili Juli Wahyu Paridunda, mendukung penuh peluncuran Rumah Edukasi tersebut. Pihaknya pun akan berkolaborasi dengan BNN Pusat guna menyukseskan program ini. "Kita sangat mendukung. Kita juga akan mengerahkan seluruh siswa Jabar agar bisa berpartisipasi di Rumah Edukasi," ungkap Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah Menengah Atas (MKPS SMA) Jabar tersebut.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA