SMKN 2 Bandung akan Gelar Latihan Manajemen Kurban

Dinas Pendidikan Jabar

Jumat, 9 Agustus 2019 | 18:39 WIB

190809183827-smkn-.jpg

MENYAMBUT Hari Raya Iduladha, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Bandung akan menggelar Latihan Manajemen Qurban (LMQ) dan Lomba Sasarengan Ngalahap Sate (Sahate). Kegiatan ini sebagai pembelajaran bagi siswa dalam praktik pelaksanaan ibadah kurban dan memberikan kesempatan untuk berkreasi dalam lomba memasak sate.

Staf Humas SMKN 2 Bandung, Rohendi menyatakan, pelatihan ini juga untuk melatih siswa mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, siswa juga dapat mengetahui proses penyembelihan mulai dari mempersiapkan hingga pemotongan hewan kurban.

“Ditambah, siswa bisa belajar mengenai cara memilih dan membeli hewan kurban. Seperti, menghadapkan hewan ke arah kiblat dan menggoreskan senjata tajam, membaca Bismillah secara lengkap (Bismillahirrahmanirrahim), membaca selawat untuk Rasulullah SAW, membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali serta doa  menyembelih hewan kurban agar ibadah kurban diterima oleh-Nya,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (9/8/2019).

Kegiatan ini akan berlangsung pada Selasa, 13 Agustus 2019 di Halaman SMKN 2 Bandung, Jln. Ciliwung No. 4, Kota Bandung. Tak hanya itu, LMQ juga menjadi wadah pembelajaran bagi siswa untuk memanajemen kegiatan Iduladha di masa yang akan datang.

“Setiap anak bisa mengaplikasikan ilmu ini saat mereka mendapatkan amanah atau tugas ketika beranjak dewasa nanti. Sehingga, harapan sekolah, peserta didik tidak bingung karena sudah pernah belajar mulai dari bagaimana cara menguliti, merecah, memisahkan tulang dan daging hingga membagikan daging kurban kepada mustahik,” tuturnya.

Rohendi mengungkapkan, orang tua, guru, staf tata usaha, dan warga sekolah lainnya ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan cara memberi iuran. Semua pihak terlibat demi kegiatan yang bisa menjadi penguatan karakter siswa. Seperti karakter empati/peduli sesama, rela berkorban, kerja sama, dan gotong royong.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA