Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia Siap Digelar

Dinas Pendidikan Jabar

Jumat, 19 Juli 2019 | 14:52 WIB

190719145044-festi.jpg

ist

PENDAFTARAN Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2019 telah dibuka. Seluruh siswa sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di Indonesia dapat mengikuti lomba yang digelar oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini.

FIKSI adalah ajang bagi siswa yang mampu berinovasi dan memiliki minat tinggi untuk berwirausaha. Menginjak tahun ke-5 pelaksanaannya, FIKSI telah mencetak sekaligus mewadahi generasi muda yang memang memiliki passion di bidang wirausaha.

Berdasarkan keterangan dari Direktorat PSMA Kemendikbud, tahun ini terdapat dua kategori yang diperlombakan. Pertama, rintisan usaha pemula, yakni gagasan usaha telah diwujudkan dalam bentuk konsep dan prototipe produk telah dipasarkan, baik secara daring maupun luring.

Kedua, rintisan usaha lanjutan, yakni produk usaha yang telah dipasarkan minimal 3 bulan sebelum 1 Agustus 2019 dan telah diupayakan mendapat pengakuan dari lembaga standardisasi produk atau jasa.

Terdapat 6 bidang kategori usaha yang masuk dalam kriteria penilaian. Yakni kriya, desain grafis, fesyen, boga, aplikasi/permainan, dan budidaya/lintas usaha.

Alur Pendaftaran

Berdasarkan petunjuk teknis FIKSI 2019, siswa yang berminat mengikuti lomba diwajibkan mengisi formulir pendaftaran di laman portal FIKSI 2019 (olimpiade.psma.kemendikbud.go.id/olimpiade/fiksi) pada 1 Mei hingga 31 Juli 2019. Di periode yang sama, peserta diharuskan mengunggah karya di laman tersebut.

Setelah melalui penjurian tahap satu, tim seleksi akan mengumumkan 150 finalis terbaik berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan pada akhir Agutus 2019. Para finalis akan diumumkan melalui surat pemberitahuan resmi kepada sekolah dan diunggah di portal FIKSI.

Selanjutnya, pada September, seluruh peserta harus mempersiapkan diri untuk menghadapi penjurian tahap final dan mengkikuti EXPO FIKSI pada 1 - 6 Oktober 2019 yang akan dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA