180712185847-smkn-.jpg

ist

SMKN 1 Purwakarta Buka Kelas Unggulan Berbasis Karakter Industri

Dinas Pendidikan Jabar

Kamis, 12 Juli 2018 | 18:58 WIB

Wartawan: Hj. Eli Siti Wasliah

UNTUK mewujudkan visi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menyiapkan siswa terjun ke dunia indusrti, SMKN 1 Purwakarta membuka kelas unggulan berbasis karakter Industri. Kelas unggulan ini terdiri dari dua kelas yang bekerja sama langsung dengan pihak industri, yakni kelas Hino dan kelas Axioo.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Menejemen dan Mutu SMKN 1 Purwakarta, Heldy Eriston mengungkapkan, dua kelas ini adalah program perdana yang baru dilaksanakan pada tahun ajaran 2018-2019. Lewat program ini, SMKN 1 Purwakarta ingin menjadi sekolah negeri yang melakukan gebrakan.

“Kita harus mendobrak dan memiliki keberanian, bukan hanya demi sekolah, namun demi para peserta didik juga,” ujar Heldy melalui siaran persnya, Kamis (12/7/2018).

Heldi menjelaskan, ada dua kelas unggulan yang keduanya bekerja sama dengan dua perusahaan industri, yakni dengan PT Hino Motors Manufactruring Indonesia yang bergerak di bidang otomatif, dan dengan Axioo Indoesia yang bergerak di bidang teknologi jaringan.

Menurut Heldy, kerja sama yang dijalin dengan dua perusahaan industri tersebut adalah adanya pelajaran tambahan yang diampu langsung oleh pihak industri selaku yang ahli di bidangnya, membantu sarana dan prasana penunjang pembelajaran seperti pengadaan alat untuk praktek. Bahkan, dari PT Hino sedang menyiapkan bengkel khusus untuk para siswanya.

Bagi SMKN 1 Purwakarta, program kelas Hino dan Axioo ini adalah salah satu cara untuk memberikan peserta didik sebuah karakter industri. “Kan sedang digalakan pendidikan karakter ini, nah di SMK, dan kita sedang menciptakan peserta didik yang memiliki karakter industri,” tambah Heldy.

Kelas Hino dan Axioo ini akan mulai berjalan setelah proses PPDB selesai. Jadi, peserta didik baru yang sudah diterima akan diseleksi untuk memasuki dua kelas tersebut. Persyaratannya pun bersifat kooperatif dan disamakan dengan spesifikasi yang diberlakukan oleh perusahaan terkait, agar ketika lulus nanti, semua peserta didik sudah memenuhi spesifikasi perushaan tersebut. Pesyaratan tersebut meliputi tes kesehatan, tes fisik dan wawancara.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR