180417175900-disdik-jabar-laksanakan-kick-off-peningkatan-kompetensi-siswa-di-smkn-3-bandung.jpg

Hj. Eli Siti Wasliah

Disdik Jabar Laksanakan Kick Off Peningkatan Kompetensi Siswa di SMKN 3 Bandung

Dinas Pendidikan Jabar

Selasa, 17 April 2018 | 17:59 WIB

Wartawan: Hj. Eli Siti Wasliah

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan PT Adira Dinamika Multifinance (Adira Finance) menyelenggarakan Kick Off Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis Manajemen untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di 9 wilayah di Indonesia. Di Bandung sekolah yang ditunjuk adalah SMKN 1 dan SMKN 3.

Kepala SMKN 3, Eusi Purnama mengatakan kerjasama ini merupakan kesempatan berharga bagi siswa dan guru SMKN 3. Kerjasama ini tentunya akan menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi siswa dan guru, khususnya di Jurusan Bisnis Manejemen.

"Bagi kami juga, kerjasama ini menyusun kurikulum yang sesuai dengan standar atau kebutuhan industri. Sehingga para lulusan SMKN 3 bisa lebih banyak lagi yang terserap di industei," kata euis.

Terlebih, lanjut Euis Jurusan Bisnis Manajemen menjadi salah satu jurusan di SMK yang ditevitalisasi. “Kami berharap dengan kegiatan ini bisa melahirkan lulusan yang kompenten di bidangnya,” ujar Euis.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dodin R. Nuryadin menyambut baik Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen bagi siswa SMK.

“Diharapkan dengan kompetensinya para lulusan SMK dapat diterima di industri. Selain itu, para lulusan SMK harus bisa bersaing, tidak hanya di Jawa Barat atau nasional, tetapi di dunia khususnya ASEAN,” katanya.

Dodin mengatakan siswa SMK yang telah diberi pembekalan keahlian diharapkan dapat bersaing, menguasai persaingan, dan memenangkan persaingan. Mudah-mudahan ini awal yang baik dan terus berlanjut untuk Jawa Barat.

“Saya menantang kepada pihak Adira untuk menambah sekokahbyang diajak kerjasama tahun berikutnya. Kalau sekarang baru dua sekokah, tahun depan mudah-mudan bisa 10 sekolaj,” jelasnya.

Head of Regolional Collection Area Jabar, Djoko Witono mengatakan program Kick Off Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen diperuntukan bagi siswa SMK di 9 area di Indonesia, salah satunya adalah Bandung. Wilayah Bandung terdapat 2 SMK yang terpilih yaitu SMKN 3 Bandung dan SMKN 1 Bandung, jurusan pemasaran.

Program ini sebelumnya sudah berjalan sejak tahun 2014, sekarang ini terdapat perluasan atau pengembangan kerjasama. Sebelumnya hanya bersifat ekstrakulikuler kewirausahaan, saat ini program berkembang tersingkronisasi dengan kurikulum di Dinas Pendidikan untuk SMK.

“Pada awal program ini, kami telah melakukan seleksi awal untuj SMK yang memiliki jurusan Bisnis dan Manajemen. Selanjutnya, sinkronisasi bahan pengajaran dengan kurikulum SMK,” katanya.

Selain itu, lanjutnya melalui program ini pihaknya menyelenggarakan pelatihan untuk para guru. “Jadi, melalui program ini ada pemagaman guru dan siswa dj perusahaan kami,” jelasnya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:



BERITA LAINNYA

KOMENTAR