Antusiasme Warga garut Cukup Tinggi di Pilkades Serentak 2019

Daerah

Selasa, 5 November 2019 | 15:44 WIB

191105154552-antus.jpg

Agus Somantri

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan rombongan meninjau TPS Pilkades Serentak 2019, Selasa (5/11/2019).

RATUSAN ribu orang di Kabupaten Garut melakukan pencoblosan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar secara serentak pada hari ini, Selasa (5/11/2019).

Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman mengatakan, diperkirakan ada 700 ribuan warga Garut yang menyalurkan hak pilihnya di TPS (tempat pemungutan suara) di 125 desa yang tersebar di 35 kecamatan.

Helmi bersama jajaran langsung melakukan pemantauan di beberapa wilayah yang dianggap rawan. Salah satunya di Desa Tanjungkarya, Kecamatan Samarang, dan Desa Jati Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.

"Kita pantau beberapa lokasi yang dinilai rawan. Kita ambil sampel-sampelnya saja," ujarnya, Selasa (5/11/2019).

Kendati demikian Helmi menyebutkan, sampai saat ini pihaknya tidak menemukan adanya keluhan dalam pelaksanaan Pilkades. Mulai dari infrastruktur hingga pelaksanaannya.

"Alhamdulillah dari hasil peninjauan langsung, saya tidak menemukan adanya keluhan. Semuanya berjalan lancar," imbuhnya.

Helmi juga mengapresiasi partisipasi warga yang menurutnya cukup antusias untuk memilih kepala desanya. Ia menyebut, sejak pagi hari di beberapa TPS warga sudah membludak, bahkan antrean pemilih mengular hingga ke jalan raya. "Luar biasa, antusias sekali," katanya.

Lebih lanjut Helmi menuturkan, pesta demokrasi yang sangat dirasakan adalah di saat pelaksanaan pemilihan kepala desa ini. Demokrasi bisa dirasakan dengan banyaknya warga yang memenuhi TPS sejak TPS belum dibuka.

"TPS belum dibuka saja warga sudah banyak yang antre," ucapnya.

Sementara itu, Dadan (47), salah seorang warga Desa Jati, Kecamatan Tarogong Kaler mengatakan, dirinya datang ke TPS sejak pagi hari sebelum dibuka. Ia pun mengaku sangat antusias untuk meilih kepala desa. Menurutnya, Pikades setiap periodenya sangat dituggu-tunggu.

"Kepala Desa itu sangat dekat dengan warga. Karena kalau ada masalah yang paling dekat itu kepala desa. Semoga siapa pun yang menang dalam Pilkades ini bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik," katanya.

Berdasarkan pantauan galamedianews.com, hingga saat ini masih dilakukan penghitungan suara di sejumlah TPS.

Editor: Lucky M. Lukman



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA