Peluncuran Buku "The Ma'ruf Amin Way", Begini Harapan KSP Nasari Sukabumi

Daerah

Senin, 21 Oktober 2019 | 13:59 WIB

191021140144-pelun.jpg

ISTIMEWA

BUKU berjudul ‘THE MA’RUF Amin Way’ english version resmi diluncurkan di Westin Hotel Jakarta, Kamis (3/10/2019). Buku yang berisi tentang pemikiran Ma’ruf Amin terkait ekonomi keumatan.

Peluncuran buku tersebut ‘mencuri’ perhatian komunitas ekonomi tanah air.Dua penulisnya,yakni Anwar Abbas dan Sahala Panggabean menjadi sorotan karena dinilai berhasil mengintegrasikan tiga hal penting secara bersamaan,yaitu sistem ekonomi pancasila, kondisi ekonomi kekinian dan pemikiran ekonomi KH Ma’ruf Amin.

Anggota KSP Nasari Kantor Cabang Sukabumi juga memberikan tanggapan terkait peluncuran buku ‘’The Ma’ruf Amin Way’’ tersebut

Didi Tardi, ST mantan pejabat PU Kabupaten Sukabumi yang baru dua bulan menjadi anggota KSP Nasari sebagai peminjam sekaligus penyimpan merasa senang telah menjadi anggota KSP Nasari. Menurutnya dengan peluncuran buku ini,yang ditulis oleh Sahala Panggabean yang merupakan Ketua KSP Nasari,yang paling saya garis bawahi adalah mengenai produk Bank Wakaf Mikro(BWM),yg tujuannya untuk membentuk ekonomi rakyat yang lebih berdaya dengan memberikan akses permodalan dan pendampingan dan berpotensi untuk pengembangan usaha kecil dengan prinsip bagi hasil.dan kami berharap kiranya ketua KSP Nasari sudah bisa menjadi pioner dalam gerakan koperasi.

Sebagai salah satu penulis yang juga merupakan tokoh nasional, Sahala Panggabean yang telah lebih dari 40 tahun berkecimpung di dunia ekonomi dan perbankan dan sebagai salah seorang yang turut membidani perubahan nama salah satu bank Swasta terbesar di Indonesia pada tahun 1986 BAPEMIL menjadi PT Bank BTPN Tbk, Beliau pun aktif dalam menyuarakan koperasi sebagai pilar ekonomi bangsa. Dimana beliau sangat memihak terhadap perekonomian yang berbasis kerakyatan khususnya koperasi. Tidak hanya itu Sebagai bukti dari ketekunan beliau dalam memperjuangkan koperasi, Beliau dipercaya sebagai Ketua Askopindo (Asosiasi Koperasi Simpan Pinjam Indonesia) yang mewadahi seluruh koperasi simpan pinjam di Indonesia. Atas Jasa nya tersebut tidak mengejutkan apabila beliau menyabet beberapa penghargaan prestisius dari Pemerintah Republik Indonesia diantaranya:

- Sebagai Ketua KSP Nasari Pada Tahun 2014 yang paling effisien dalam menjalankan usaha dari Kementrian Koperasi dan UMKM

- Sebagai Ketua Ksp Nasari Pada Tahun 2015 yang paling cepat pertumbuhan asetnya,paling baik dalam system informasi dalam laporan keuangan.

- Penghargaan tertinggi tahun 2010 dari Presiden Republik Indonesia SATYA LENCANA PEMBANGUNAN atas jasanya terhadap Negara dan masyarakat dalam pembangunan Negara.

Sebagai ahli ekonomi dan pemilik salah satu Koperasi Simpan Pinjam Terbesar di Indonesia, Sahala Panggabean pun dinilai sangat layak untuk dapat diberikan kesempatan berada di dalam jajaran pemerintahan Jokowi – Ma’ruf Amin, Dengan kemampuan yang beliau miliki dan latar belakang beliau dari dunia ekonomi serta keberpihakan beliau pada usaha kecil dan menengah, Beliau sangat layak dan pantas di anugrahi sebagai bapak pioneer gerakan koperasi di Republik Indonesia.

Hal ini pun turut disampaikan oleh Anggota KSP Nasari Cabang Tasikmalaya, Salah satunya Darsono,pensiunan pejabat bank swasta yang sudah tiga tahun menjadi anggota KSP Nasari mengungkapkan,dirinya merasa senang terkait peluncuran buku tersebut.Menurutnya dengan peluncuran buku ini,yang ditulis oleh Sahala Panggabean yang merupakan Ketua KSP Nasari kiranya gagasan dan ide didalamnya dapat di implementasikan untuk kemajuan ekonomi kerakyatan,yait koperasi.

Reinhard sibarani anggota KSP Nasari Cabang Purwakarta tidak ingin tertinggal dalam menyampaikan opininya. Menurutnya buku tersebut sangat relevan dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini buku tersebut dapat menjadi solusi bagi perekonomian rakyat kecil dan menengah dan buku tersebut dapat di baca oleh kaum millenials karena terdapat ide, gagasan yang menarik yang mudah untuk dipahami, aku Reinhard.

Sebagai anggota KSP Nasari yang telah berjalan selama dua tahun beliau mengaku sangat terkesan dengan pelayanan yang di berikan oleh KSP Nasari, Seraya berharap bahwa ketua KSP Nasari sekaligus penulis buku “The Ma’ruf Amin Way” di berikan kesempatan untuk dapat duduk dalam jajaran cabinet jokowi-Ma’ruf.”Beliau Sahala Panggabean cocok untuk Menjadi Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia,” katanya

Inah anggota KSP Nasari Kc Bogor pun turut bersuara terkait peluncuran buku “The Ma’ruf Amin Way”. Menurutnya buku yang dirilis dalam dua bahasa tersebut sangat layak untuk menjadi bacaan dan pedoman ekonomi untuk kemajuan bangsa Indonesia dalam upaya perkembangan ekonomi kecil menengah khususnya Koperasi. Anggota KSP Nasari yang sudah 11 tahun menjadi anggota ini pun menambahkan “penulis buku ini sangat paham betul akan kondisi ekonomi kecil dan menengah, Saya rasa beliau pantas masuk dalam jajaran kementrian Koeprasi dan UMKM,” pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA