Ratu Meta dan Edi Faisal, Lestarikan Budaya Lewat Makanan

Daerah

Selasa, 15 Oktober 2019 | 07:51 WIB

191015075556-ratu-.jpg

Eddie Karsito


Kuliner etnik atau kuliner tradisional, merupakan salah satu hasil aktifitas kebudayaan dari suatu masyarakat. Sehingga antara kuliner dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan. Penggunaan masakan sebagai representasi filosofis masyarakat bukan tanpa sebab. “Sejak zaman dulu manusia mengenal kebiasaan untuk mempersembahkan sesaji,” ujar pengusaha muda, Edi Faisal saat dijumpai galamedianews.com, di Woow Resto Depok, Minggu (13/10/2019).

Didampingi istrinya, Ratu Meta, seorang penyanyi yang tengah naik daun -- pengusaha kuliner tradisional ini, menjelaskan berbagai alasan soal usaha yang dirintisnya. “Kita bangga dengan tradisi yang kita punya. Beberapa pola pikir seperti, tradisi lama sudah tidak zaman, ada baiknya diubah menjadi pola pikir tradisi lama harus dilestarikan. Pelestarian itu salah satunya lewat makanan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita,” ujar Edi.

di Woow Resto Depok ini Ratu Meta menyiapkan berbagai menu masakan tradisi. Bahkan juga menyiapkan makanan yang berkombinasi. Seperti masakan khas Betawi dan masakan Bali. “Termasuk menyajikan beberapa masakan tradisional lainnya, seperti Pecak, Bakso, Tumpeng, dan Tahu Bulet yang khas,” terang Meta.

Usaha kuliner ini kata sang istri, Ratu Meta, sebenarnya sudah didirikan di beberapa kota di pulau Jawa. “Sudah ada di sejumlah kota besar di Pulau Jawa. Sekarang ada di Kota Depok dengan konsepnya sendiri lain dari pada yang lain, seperti warung ‘Kopi Kawan Kita’ itu lain dari pada yang lain,” terang penyanyi yang sukses merilis single _’Memory Tahu Bulat’ ini.

Usaha kuliner, kata Ratu Meta, juga bagian dari upaya untuk memenuhi kebutuhan material. “Tak selamanya kesenian dapat menopang kebutuhan hidup kita secara materi. Bahkan dalam beberapa hal kesenian harus kita hidupi. Buat saya menyanyi itu hobi. Makanya kita harus ada usaha yang menopang untuk memenuhi hidup,” kata Ratu.

Ratu Meta mengaku berterima kasih kepada suaminya, Edi Faisal, yang telah banyak mensupportmya untuk mengembangkan bakat dan hobinya menyanyi. Termasuk mendukung membuka usaha di bidang kuliner tradisional ini.  “Sekali lagi terima kasih juga kepada teman-teman wartawan atas dukungan dan supportnya terhadap saya dan suami dalam berkarier maupun membuka resto yang ada sekarang,” ujarnya./

Editor: boedi azwar

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA