Jembatan Cirahong Perlu Dorongan Pemerintah Pusat

Daerah

Rabu, 9 Oktober 2019 | 16:28 WIB

191009162234-jemba.jpeg

KONDISI jembatan Cirahong saat ini sudah kurang layak untuk dilalui oleh kendaraan. Padahal jembatan Cirahong ini merupakan jalan penghubung Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Dengan keadaan seperti itu, Pemkab Ciamis dan Pemkab Tasikmalaya harus bergerak cepat untuk mewujudkan pembangunan jembatan Batman (Benteng Manonjaya). Hal tersebut diungkapkan oleh wakil gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri wisuda Stikes Muhammadiyah Ciamis di gedung Islamic Center, Rabu (9/10/2019).

“Saya sudah bicara dengan pak bupati Ciamis, pembangunan jembatan Batman ini sudah mendesak karena jembatan yang ada yaitu jembatan Cirahong sudah tidak layak. Kayunya gampang keropos,” ujar Uu kepada wartawan,

Uu mengatakan, transportasi yang melewati Jembatan Cirahong makin meningkat karena jalan tersebut merupakan jalan utama menuju kota tasikmalaya via manonjaya.

“Pembangunan jembatan Batman ini mutlak harus segera dilakukan, target kami yang pertama, saya minta untuk pembebasan tanah itu harus dari kedua belah pihak, wilayah Ciamis dibebaskan oleh Pak Bupati, wilayah Tasikmalaya dibebaskan oleh Bupati Tasikmalaya,” tuturnya.

Untuk pembangunan jembatan, pihaknya tetap akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat, karena biaya untuk pembangunan jembatan ini sangat mahal.

“Kalau tidak salah biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 200 Milyar lebih, karena memang panjang jembatannya panjang dan tinggi,” katanya.

Uu berharap baik Bupati Ciamis maupun Bupati Tasikmalaya mendorong pemerintah pusat untuk membantu pendanaan.

“Bagi-bagi tugas agar pembangunan jembatan Batman ini segera terealisasi dan masyarakat merasa nyaman ketika akan menyebrang tidak akan ngantri seperti saat ini," pungkasnya.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA