Dapat Suplai Air Bersih, Warga Garut Sumringah

Daerah

Sabtu, 5 Oktober 2019 | 19:39 WIB

191005194409-dapat.jpg

Robi Taufik Akbar

AKIBAT kekeringan yang berkepanjangan, dua Kampung di Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Garut mendapatkan pasokan air bersih dari Pemerintah Kabupaten Garut, melalui Dinas Sosial. Kedua kampung tersebut yakni Kampung Cileles dan Kampung Pasir Nangka.

Saat dua tangki pengangkut air bersih tiba di lokasi, masyarakat yang sudah menunggu sejak siang langsung menyerbu petugas untuk mendapatkan air bersih.

"Sudah hampir empat bulan terakhir ini, kami bersama warga lainnya sudah kesulitan mendapatkan air bersih. Jika tidak ada bantuan dari pemerintah terpaksa haru membeli air dan mencari ke daerah Sawah Lega yang ada di Kecamatan Pangatikan yang jaraknya 10 Km," ujar salah seorang warga Pasir Nangka, Imas (52), Sabtu (5/10/2019).

Dikatakan Imas, selama musim kemarau dan krisis air bersih baru kali ini mendapatkan pasokan air bersih dari Pemerintah Kabupaten Garut. Seharusnya, jika memang peduli terhadap masyarakat pengiriman air bersih dilakukan selama satu hari sekali.

"Memang kalau musim warga disini kerap kesulitan air bersih, terutama tahun ini kemaraunya sangat berkepanjangan," ucapnya.

Hal senada dikatakan Dadang Ketua RW Kampung Cileles, menurutnya, saat ada bantuan air bersih yang diberikan oleh Pemkab Garut, langsung saling berebutan. Mereka membawa peralatan berupa ember dan panci untuk mendapatkan air bersih.

"Hanya satu tangki yang dikirim. Padahal masyarakat yang membutuhkan mencapi 200 KK," katanya. Ia juga meminta, Pemkab Garut rutin dalam menyuplai air bersih untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari terutama saat musim kemarau panjang.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA