Festival Kopi Sumedang Harus Mendongkrak Kesejahteraan Petani

Daerah

Jumat, 4 Oktober 2019 | 18:32 WIB

191004183005-festi.jpg

Ade Hadeli

KEGIATAN Festival Kopi Sumedang #2 yang bakal digelar pada minggu depan, harus bisa mendongkrak kesejahteraan petani.

"Jangan hanya sebatas cerimonial. Tapi harus ada nilai tambah. Bahkan Festival Kopi Sumedang #2 ini, harus jadi pembeda dengan kegiatan serupa yang dilaksanakan, di tempat lain," kata Bupati Sumedang, H.Dony Ahmad Munir, Jumat (4/10/2019).

Terlebih sebut, sejumlah kopi terbaik yang dihasil petani di beberapa tempat di Kab.Sumedang sudah tak asing bagi penikmat kopi dari luar daerah, bahkan manca negara. Hal itu karena Kopi Sumedang memiliki cita rasa yang khas, yang tidak ditemukan pada kopi dari daerah lain.

"Karena itu, melalui festival ini, bisa mengangkat keberadaan Kopi Sumedang pada level lebih tinggi lagi. Sekarang ini, beberapa produk kopi yang dihasilkan petani kita, sudah diekspor kebeberapa negara. Tentunya, ini potensi yang harus digarap dengan sungguh-sungguh," tandasnya.

Menurutnya, berdasarkan data yang ada, luas areal perkebunan kopi  di wilayah Sumedang, mencapai 3200 hektar. Perkebunan kopi seluas, berada pada tanah milik dan sebagiannya berada di kawasan perhutani. Adapun jumlah kelompok tani yang terkibat pada budidaya kopi, berjumlah 102 kelompok.




Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA