Dishub Garut Mulai Ganti Buku KIR dengan Kartu Pintar

Daerah

Rabu, 18 September 2019 | 14:02 WIB

190918140415-dishu.jpg

Robi Taufik Akbar

DINAS Perhubungan Garut sejak 1 September 2019 mulai mengganti buku uji kendaraan atau biasa disebut KIR manual dengan kartu pintar yang diberi nama BLUE (Bukti Lulus Uji Elektronik)  di Wilayah Kabupaten Garut. Uji KIR yang nantinya diterbitkan dengan  BLUE, akan terkoneksi dengan pusat (Kemenhub).

Meski telah diberlakukan sejak1 September lalu, KIR elektronik baru akan dresmikan oelh Bupati Garut, Rudy Gunawan pada 23 September mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman mengatakan, dengan inovasi ini dapat menghindarkan pemalsuan buku KIR. pasalnya kartu pintar itu tidak bisa dipalsukan.

"Mulai satu September ini tidak ada lagi buku uji, diganti denganti kartu KIR atau KIR elektronik, dan potensi pemalsuan kecil sekali," ujarnya, Rabu (18/9/2019).

Di dalam kartu pintar ini, kata Suherman, disematkan berupa chip yang bisa mendeteksi dari data-data kendaraan yang bersangkutan. Selain itu, terdapat bukti bahwa kendaraan itu telah lolos dengan serangkaian uji, sehingga memudahkan pengecekan secara berkala.

Kartu uji yang dikenal umum selama ini sebagai buku uji diganti menjadi kartu pintar sedangkan tanda uji yang semula ditempel pada badan kendaraan diganti dengan stiker barcode yang ditempel pada kaca depan kendaraan.

Suherman menyebutkan, di Jawa Barat, baru Dinas Perhubungan Kabupaten Garut yang telah menerapkan metode baru ini.

"Bupati Garut, tanggal 23 September akan meresmikan diberlakukannya pelayanan Uji KIR berbasis elektronik ini," tuturnya.

Editor: Brilliant Awal



Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA