Marinir "Hejokeun" Pesisir Pondok Bali, Subang

Daerah

Sabtu, 7 September 2019 | 17:06 WIB

190907170831-marin.jpeg

Dally Kardilan

Anggota Marinir dan elemen lainnya saat menanam pohon mangrove di pesisir pantai Pondok Bali, Subang.

PULUHAN personil Korps Marinir TNI AL bersama Wanadri, Perempuan Tani HKTI, Pemkab Subang dan Perhutani melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan pantai Pondok Bali Desa Mayangan Kec.Legonkulon, Subang,  Sabtu(7/9/2019)

Gerakan yang mengambil tema ” HEJOKEUN Tanam Mangrove, Peduli Masa Depan” ini dipimpin langsung Komandan Pasukan Marinir 1 (Danpasmar 1) Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah M.Tr (HAN) serta dihadiri dan ikut menanam Plt. Kadis Lingkungan Hidup Subang,  Dr.H. Yayat Sudrajat,M.Si, Camat Legonkulon, Bambang Edi Purwanto, Kapolsek Legonkulon, Iptu Aan Sukana, Danramil Pamanukan Kapt.Inf.Asep Ruhiyat.

Termasuk sedikitnya 100 warga Mayasagan yang dipimpin oleh Pjs Kades Mayangan, Wiharta ikut pula membantu melakukan penanaman mangrove. “Apa yang kita lakukan tiada lain ingin kembali hijaukan bibir atau garis pantai Pondok Bali sekaligus merestorasi rusaknya kawasan pesisir yang diakibatkan abrasi, “kata Nur Alamsyah.

Dirinya berharap, melalui aksi penanaman 1.135 pohon mangrove atau bakau tersebut bisa mengurangi resiko bencana akibat abrasi di pesisir pantai dan berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem dan upaya pelestarian hutan mangrove. “Semua ini  merupakan bentuk partisipasi prajurit Korps Marinir , juga merupakan bentuk kepedulian prajurit Marinir dalam upaya pencegahan abrasi dan kerusakan ekosistem wilayah pantai dan pesisir. Sekaligus untuk mewujudkan bangsa Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,
ungkap Danpasmar I.

Plt.Kadis LH Subang, H.Yayat Sudrajat sendiri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pihak Korps Marinir dan Wanadri dalam upaya melakukan penghijauan guna mencegah abrasi sehingga garis pantai Pondok Bali tidak semakin parah. Selain itu  hutan mangrove yang telah ada semakin tumbuh dan bertambah dengan tanaman baru.

 “Kehadiran hutan mangrove dapat melindungi tepian pantai Pondok Bali dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi” katanya dan bernilai ganda bagi perkembangan biota laut maupun sosial ekonomi warga setempat.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA