Puskesmas Cihurip Garut Luncurkan Ojek Ambulan Top de Amor

Daerah

Jumat, 6 September 2019 | 12:37 WIB

190906123901-puske.jpg

Robi Taufik Akbar

UNTUK membantu kegawatdaruratan, Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut meluncurkan  Program Tukang Ojeg Puskesmas Dengan Ambulan Motor (Top De Amor). Para tukang ojeg dirangkul untuk menjemput ibu hamil yang tempat tinggalnya terpencil.

“Disesuaikan dengan kondisi jalan dan jarak, mereka harus siap panggil untuk menjemput ibu bersalin dari rumah tempat tinggal ke Puskesmas Cihurip, atau antar jemput bidan untuk melaksanakan kunjungan Ante Natal Care (ANC) ke rumah ibu hamil yang kurang mengakses ke posyandu dan puskesmas,” ujar Kusyanadi, Kepala UPT Puskesmas Cihurip, Jumat (6/9/2019).

Kusyandi mengatakan, program ini hasil  kolaborasi dengan para tukang ojek yang mangkal di sekitar UPT Puskesmas Cihurip. hal itu sehubungan adanya kendala kondisi geografis pegunungan yang tidak memungkinkan menggunakan kendaraan roda empat atau ambulan puskesmas.

“Setidaknya dengan inovasi ini, masalah kematian ibu dan bayi bisa terpecahkan, selain pelayanan kesehatan ibu yang berisiko terhadap kasus kematian ibu dan bayi, juga persalinan oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan, dan sisi ekonomi dapat mendukung terhadap pemberdayaan tukang ojek,” paparnya.

Sedangkan cara pembayarannya cukup sederhana, tukang ojek dibayar oleh si ibu hamil penerima BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan Jampersal melalui Puskesmas Cihurip. Sedangkan ibu hamil non BPJS PBI dan non Jampersal biaya transportnya dibayar langsung keluarga ibu hamil.

Editor: Brilliant Awal

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA