TP-PKK Garut Lakukan Sosialisasi Pencegahan Stunting

Daerah

Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:48 WIB

190822194933-tp-pk.jpg

WAKIL Ketua TP-PKK Garut, dr. Hani Firdiani yang merupakan istri Wakil Bupati Garut dr. Helmi Budiman, terus menerus turun ke lapangan dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Garut. Seperti pada Kamis (22/8/2019), ia melakukan sosialisasi mengenai pencegahan stunting pada seluruh Ketua TP-PKK tingkat Kecamatan serta pendamping kader posyandu se Kabupaten Garut yang bertempat di aula TP-PKK Kabupaten Garut.

Selain memberikan sosialisas, ia memberikan tabel antropometri pada 4.102 posyandu di Garut dan mengintruksikan seluruh kader posyandu untuk memasang dan memonitoring pemasangan tabel antropometri.

"Pemasangan tabel antropometri di semua posyandu di sertai cara pengukuran panjang badan dan tinggi badan yang benar untuk seluruh sasaran balita di posyandu/RW yang bersangkutan," ujarnya, Kamis (22/8/2019).

Alat pengukuran panjang badang dan tinggi badan serta tabel tersebut, dapat mengetahui angka real stunting di Kabupaten Garut, yang selama ini Kabupaten Garut dianggap angkanya paling tingi di antara Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

"Kami ingin memastikan angka real yang menderita stunting. Jangan sampai data yang ada di Provinsi Jawa Barat itu jauh dengan angka dengan hasil penelusuran yang dilakukan oleh kader posyandu dan PKK tingkat Kecamatan dan Desa," ucapnya.

Ia menuturkan, jika sudah diketahui berapa jumlah angka realnya, nantinya akan ditindaklanjuti dengan cara pencegahan bagi anak yang sudah terdiagnosa stunting.

"Kami akan terus melakukan upaya pencegahan terhadap anak yang menderita stunting. Yang mana dengan meberikan asupan gizi yang baik dan memberikan informasi terhadap para ibu-ibu hamil dan menyusui pentingnya asupan gizi bagi anak-anak," katanya.

Peran PKK dan Poyandu, aku Hani, merupakan salah satu garda utama dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Garut. Selain memberikan asupan gizi yang bagus, faktor kesehatan lingkungan juga sangat mempengaruhi terlebih dalam memelihara saluran sanitasi.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA