Belasan Hektare Lahan di Gunung Guntur Terbakar

Daerah

Rabu, 21 Agustus 2019 | 21:47 WIB

190821211819-belas.jpg

KEBAKARAN melanda kawasan Gunung Guntur, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Rabu (21/8/2019). Sedikitnya, 15 hektare lahan terbakar dalam peristiwa tersebut.  

Komandan Koramil (Danramil) 1111 Tarogong, Kapten Inf. Dedi Saepulloh, menyebutkan, kebakaran terjadi sejak pukul 12.00 WIB. Kebakaran berawal dari salah satu galian pasir di Blok Citiis.

"Api kemudian menjalar ke lokasi tapal kuda, sehingga kebakaran pun semakin meluas. Ada sekitar 15 hektare lahan di kawasan Gunung Guntur yang terbakar," ujarnya, Rabu (21/8/2019).

Menurut Dedi, kebakaran berlangsung sejak siang hingga sore hari. Pihaknya bersama jajaran Polsek Tarogong Kaler dengan dibantu masyarakat sekitar berupaya melakukan pemadaman dengan cara manual menggunakan peralatan seadanya untuk mencegah agar api tidak menjalar lebih luas lagi.

“Kondisi medan yang cukup terjal menjadikan upaya pemadaman harus dilakukan manual, tidak bisa menggunakan air dari mobil pemadam. Angin yang kencang juga membuat proses pemadaman api lebih lama dan sulit,” ucapnya.

Dedi menyebutkan, kebakaran di kawasan Gunung Guntur baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB setelah anggotanya bersama Polsek Tarogong Kaler serta warga setempat berjibaku melakukan pemadaman.    

Meski telah padam, namun Dedi mengaku sudah memerintahkan anggotanya untuk stand by di lokasi guna mengantisipasi api muncul kembali. Ia menyebut, Gunung Guntur merupakan salah satu gunung di Kabupaten Garut yang memiliki kerawanan terhadap kebakaran hutan.

“Faktor pemicunya bisa karena cuaca panas yang berlebih, atau bisa juga ada pihak-pihak tertentu yang memang sengaja melakukan pembakaran untuk membuka lahan bagi kegiatan komersil, seperi galian pasir dan batu ilegal,” katanya.


Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA