Kadis Pertanian: Jeruk Masih Jadi Ikon Garut

Daerah

Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:26 WIB

190821172832-kadis.jpg

Robi Taufik Akbar

HARI Krida Pertanian ke-47 tahun 2019, di gedung Pendopo Kabupaten Garut, yang berlangsung 20-21 Agustus. Dinas Pertanian Kabupaten Garut menghadirkan seluruh prestasi para petani yang ada di Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut Ir Beny Yoga Gunasantika MP disela-sela kegiatan mengatakan, seluruh karya, karsa, daya cipta petani ditampilkan, dalam rangka evaluasi program dan kegiatan yang telah kita lakukan terhadap petani.

“Diharapkan ada upaya nilai tambah bagi para petani karena mereka saat ini bertemu dengan mitranya contohnya di kopi, tadi ada pembahasan beberapa stakeholder tentang rencana ekspor kopi ke China,” ujarnya, Rabu (21/8/2019)

Lanjut Beny, selain Kopi, pihaknya juga fokus di Jeruk Garut karena merupakan ikon kota Garut yang harus dipertahankan. Selanjutnya kata Beny, Daun Teh yang sedang di dorong karena ada kerjasama untuk mengembangkan kembali Teh Hijau dengan Teh Putih yang pemasarannya cukup bagus di Eropa.

“Tadi pak Bupati sampaikan tahun ini kita bekerjasama dengan Korea Selatan mengenai pembenihan Kentang, Strawberi dan Bawang Putih, jadi tahun ini kita MoU, tahun depan kita kerjasama dengan Kabupaten Damiang Korea Selatan,” jelasnya.

Mengenai kunjungan Bupati Damiang Korea Selatan, Beny mengaku sudah koordinasi dan persiapan, ada beberapa komoditas yang dipersiapkan yakni, kelompok tani kopi, perbenihan kentang, bawang putih dan bawang merah, yang akan dikerjasamakan dengan Bupati Damiang Korea Selatan.

“Nanti para petani kita sudah disiapkan tempatnya disana untuk berlatih. Yang akan berangkat kesana kami sedang melakukan seleksi, yang pasti KTNA atau Kelompok Tani pasti ada yang ikut kesana,” pungkas Beny.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA