Wabup Sumedang: Masyarakat Harus Siap Sambut Investor

Daerah

Rabu, 21 Agustus 2019 | 17:02 WIB

190821170357-wabup.jpg

Ade Hadeli

WAKIL Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan meminta masyarakat Kecamatan Ujungjaya Kab.Sumedang, agar siap untuk menyambut datangnya para investor di wilayah tersebut.

Permintaan itu disampaikan Erwan dalam Puncak Peringatan Milangkala Ke-33 Kecamatan Ujungjaya, yang digelar di Halaman Kantor Kecamatan Ujungjaya, Rabu (21/8/2019).

Beberapa investor, saat ini melirik peluang investasi di Ujungjaya. Dia tidak ingin warga Ujungjaya hanya menjadi "penonton" kemajuan di wilayahnya, tanpa bisa menikmatinya.
"Untuk jangka pendek, saya telah meminta kepada investor agar memperkerjakan masyarakat setempat. Dengan harapan kehadiran investor itu bisa menyerapa lapangan kerja. Sehingga kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat," ujarnya.

Disamping itu, Erwan meminta agar masyarakat menyiapkan skill atau SDM, agar siap bersaing di pasar kerja. Apa lagi rata-rata persyaratan untuk bekerja di sektor formal minimal lulusan SMA dan sederajat. Sementara rara-rata pendidikan masyarakat Sumedang saat ini, hanya sampai Kelas 2 SMP. "Untuk itu, saya minta agar para Kades mendata warganya yang putus sekolah, sehingga bisa melanjutkan atau ikut ujian persamaan yang sederajat dengan SMA," katanya.

Sambung Wabup, debagai Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Sumedang, dia sangat prihatin dengan masih tingginya angka kemiskinan di Kabupaten Sumedang yang mencapai 9,76 %. Karena itu Pemerintah Kab.Sumedang, menarrgetkan di Tahun 2023, angka kemiskinan menjadi 5,76%. Atau rata-rata per tahun harus diturunkan hampir 1%.

"Namun demikian, dengan berbagai potensi dan peluang yang ada, saya optimistis Sumedang ke depan akan lebih maju," pungkasnya.

Editor: Endan Suhendra

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA