Dinkes Belum Sebut KLB Atas Kejadian Dugaan Keracunan Puluhan Warga Pangandaran

Daerah

Rabu, 21 Agustus 2019 | 11:34 WIB

190821114825-dinke.jpg

Agus Supriyatman

Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Aa Sukmadi Saat melihat kondisi pasien dugaan Keracunan makanan dipuskesmas Mangunjaya, Rabu (21/8/2019).

KERACUNAN massal yang menyebabkan puluhan warga dari dua dusun terdiri dari Dusun Cirapuan dan Dusun Kersaratu, Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran menarik perhatian Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran. Hal itu terlihat saat tim  Dinas Kesehatan Pangandaran menyambangi puluhan pasien inap di Puskesmas Mangunjaya, Rabu (21/8/2019).

Terkait hal itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, dr Yani Achmad Marzuki melalui Kabid Yankes Aa Sukmadi menyebutkan, pihaknya belum bisa menyebutkan status Kejadian Luar Biasa (KLB). "Tapi memang ada peningkatan salam kasusnya saja," ungkap Aa Sukmadi di Pangandaran, Rabu. 
"Sekarang Kita fokus akan menangani korban yang mengalami pusing, mual muntah, diare, demam dan yang lainya dulu, selanjutnya nanti kita akan lakukan pengambilan semple makananya dari tempat penyelenggara hajatan, dan pihak kami dari dinas siap untuk melakukan pelayanan yang maksimal kepada puluhan warga ini melalui penarikan para tenaga medis dari puskesmas terdekat seperti dokter dan perawat, dan alhmdulilah terkait sarana pendukung dari dinas sosial membantu seperti bet tempat tidur dan air bersih," terangnya.
Adapun warga yang saat ini ditangani pihak puskesmas dalam perawatan jalan sebanyak 26 orang, rawat inap 16 orang dengan jumlah 43 orang warga. Nanun kata dia, ada beberapa orang yang dirawat di rumahnya masing-masing. "atas kejadian ini pelayanan medis tetap kami lakukan di puskesmas saja dan tidak ada yang dibawa kerumah sakit," katanya. 

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA