Akbar Tanjung: Jangan Lupakan Sejarah

Daerah

Selasa, 20 Agustus 2019 | 19:21 WIB

190820191158-akbar.jpeg

Dally Kardilan

TOKOH Nasional, Akbar Tanjung yang berkunjung ke Rumah Sejarah di Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Selasa (20/8/2019), tampak tergagum-kagum karena di sana banyak tersimpan sejarah perjuangan bangsa sejak jaman penjajahan.

“Saya sangat bersyukur bisa mengunjungi tempat yang sangat mempunyai nilai bersejarah. Untuk itu sejarah harus kita kenang agar bangsa Indonesia tidak melupakan sejarah,“ ungkapnya saat mendampingi isterinya, Ny. Kristina yang merupakan Ketua Yayasan Warna WarniIndonesia (WWI).

Kedatangan Akbar Tanjung dan sebanyak 70 orang diterima langsung oleh Komandan Lanud SuryadarmaMarsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc, di Museum Kalijati (Rumah Sejarah) Lanud Suryadarma. Sebelumnya dijamu makan siang di Pemkab.Subang dan diterima oleh Wakil Bupati, Agus Masykur dan Sekda, H.Aminudin.

Ketua Yayasan WWI, Ny. Kristina Akbar Tandjung mengatakan, pihaknya berkunjung sebagai “Cultural Trap” dalam rangka mengenal lebih dekat potensi kekayaan alam dan budaya lokal dalam rangka menunjang pemberdayaan ekonomi dibidang wisata.

“Saya berharap agar obyek sejarah yang ada di Lanud Suryadarma ini, dapat dijaga serta terus dilestarikan. Sehingga anak cucu kita kelak masih dapat melihat dan berkunjung ke Rumah Sejarah ini,“ katanya.

Rumah sejarah ini masih asli dan akan direvitalisasi tahun depan oleh Pemda Subang.Dengan demikian warisan budaya ini dapat terus terpelihara dan menarik minat kunjungan dari wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

“Yang jelas bangunan ini merupakan bukti, pada tanggal 8 maret 1942 telah dilaksanakan penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang, yang ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan tanpa syarat kekuasaan Belanda kepada Jepang,“ jelas I Wayan Sulaba.

Editor: Dadang Setiawan

Bagikan melalui:

KOMENTAR

BERITA LAINNYA