Denda Rp 500 Ribu Menanti Warga yang Buang Sampah Sembarangan

Daerah

Kamis, 13 Juni 2019 | 20:19 WIB

190613202114-denda.jpg

Agus Somantri

Salah satu tumpukan sampah yang terdapat di Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Kamis (13/6/2019).

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Garut akan memberikan sanksi berupa denda kepada warga yang membuang sampah sembarangan, seperti ke sungai maupun ke jalanan.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Gurdiansyah mengatakan, saat ini pihaknya tengah menggodok rencana penerapan sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan tersebut.

"Sedang kita godok. Kedepannya kita akan berlakukan sanksi berupa denda. Jadi bila ada yang buang sampah ke sungai atau ke jalan bisa didenda," ujarnya, Kamis (13/6/2019).

Menurutnya, sanksi yang akan diterapkan berupa denda uang dengan jumlah yang beragam mulai Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu sesuai tingkat pelanggarannya. Tujuannya, untuk membuat warga Garut disiplin dan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Gurdiansyah menyebut, untuk meralisasikan rencana tersebut Pemkab Garut akan segera membentuk tim khusus yang diberi nama Tim Tipiring (Tindak Pidana Ringan) untuk menindak masyarakat yang diketahui membuang sampah sembarangan.

"Selain dari jajaran Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLH), tim juga melibatkan sejumlah personel dari instansi lainnya, seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres Garut, dan TNI," ucapnya.

Nantinya, terang dia, tim khusus ini akan bergerak mengawasi aktivitas masyarakat wilayah perkotaan, terutama daerah yang disinyalir banyak pelanggar kebersihan dengan membuang sampah sembarangan.

"Mereka ini (tim khusus) akan jadi bagian tim dalam penindakan. Tim ini akan memantau masyarakat di wilayah perkotaan. Bagi pelanggar kebersihan akan ditindak tegas supaya masalah sampah bisa teratasi. Sanksinya berupa denda mulai Rp50 ribu sampai Rp500 ribu," katanya.

Dirinya berharap, tindakan tegas dengan sanksi berupa denda itu bisa membuat masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan lingkungan, sehingga nantinya wilayah perkotaan Garut tidak terlalu banyak sampah tersebar sembarangan.

"Mudah-mudahan dengan cara ini masyarakat disiplin dengan selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Dan itu bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti tidak membuang sampah ke sungai atau jalanan," katanya.

Editor: Kiki Kurnia

Bagikan melalui:

BERITA LAINNYA

KOMENTAR